Takata-no-Yumechan, maskot resmi Rikuzentakata di timur laut prefektur Iwate, diumumkan sebagai pemenang kompetisi maskot “yuru-kyara” ke-10 dan terakhir Jepang pada hari Minggu.

Maskot putih, yang muncul pertama kali pada Januari 2012 sebagai peri yang menyampaikan mimpi dan kebahagiaan dari tas yang tersampir di bahunya, menerima 280.017 suara pada kontes yang diadakan pada akhir pekan di Takizawa, Prefektur Iwate.

Ajang tahunan ini semakin membesar sejak pertama kali digelar pada 2011. “Menang sudah menjadi tujuan, dan (lomba) sudah kehilangan tujuan awalnya untuk merevitalisasi daerah,” kata panitia penyelenggara sebagai salah satu alasan dihentikannya kompetisi.

Yumechan, yang memiliki telinga meniru pohon pinus di hutan yang tersapu selama gempa bumi dan tsunami 2011, mengikuti kontes untuk pertama kalinya dalam enam tahun, dengan prefektur rumah maskot menjadi tuan rumah kompetisi dan peringatan 10 tahun gempa tahun depan. .

Kompetisi tahun ini berjumlah 691 orang, termasuk yang berkompetisi dalam kategori maskot korporasi dan organisasi lainnya.

Yurunakin, maskot Izumisano yang mirip anjing di Prefektur Osaka berada di urutan kedua, sementara Tsurugon, naga hibrida dari Tsurugashima, Prefektur Saitama, berada di urutan ketiga.

Sementara itu, Kokaryu Ninja Ponpoko, seorang YouTuber virtual Koka di Prefektur Shiga, terpilih sebagai favorit di kategori “korporat dan lainnya”. Pemenang ditentukan oleh suara yang diberikan oleh penonton serta online.

“Awalnya saya hanya menemani istri saya, yang merupakan penggemar yuru-kyara, tapi saya mulai menyukainya juga. Saya ingin menikmati melihat foto-foto yang kami ambil saat pulang,” kata Atsushi Yamada, 48, yang datang. jauh dari Prefektur Toyama di Jepang tengah.

Maskot yang dikenal sebagai “yuru-kyara”, yang secara harfiah berarti “karakter lepas” untuk menandakan citra santai mereka, terutama dibuat oleh pemerintah daerah untuk menarik wisatawan dan menyemangati masyarakat.

Maskot seperti beruang hitam Kumamon dari Prefektur Kumamoto memenangkan kompetisi perdana pada tahun 2011.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here