Peribahasa dimana tanah dipijak, langit dijinjing sepertinya tepat untuk menggambarkan ini. Saat berkunjung ke suatu negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, umumnya semua tulisan di mana pun akan menggunakan bahasa asli negara tersebut dan mencantumkan terjemahan bahasa Inggris di bagian bawahnya. Namun, seorang warganet menemukan hal unik sekaligus memalukan yang ia temui di Jepang.

Diunggah oleh akun Twitter @imanlagi pada 8 Februari, pemilik akun membagikan foto yang memperlihatkan wastafel dan dinding toilet di salah satu objek wisata di Jepang. Pada bagian dinding toilet tersebut tertempel beberapa himbauan dengan kalimat yang sama.

Himbauan yang ditulis dalam bahasa Indonesia itu berbunyi, “Di sini, Anda tidak mencuci kaki Anda.”

Ironisnya, menurut pengakuan pemilik akun himbauan tersebut hanya tertulis dalam bahasa Indonesia. Dengan kata lain, kemungkinan besar turis Indonesia kerap mencuci kaki mereka di wastafel di toilet tersebut.

“Di salah satu objek wisata di Jepang, ada toilet yang ada tulisan gini. Nggak ada versi bahasa lain,”┬átulis pemilik akun @imanlagi pada kolom keterangan.


Sumber: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here