Terjemahannya kurang lebih :

“Jika ada sesuatu yang mampu membunuh 10 juta orang dalam beberapa dekade mendatang. Kemungkinan besar itu merupakan virus dengan infeksi tinggi, alih-alih perang. Bukan misil, namun mikroba.”

Menurut Bill Gates, pemerintah lebih banyak menginvestasikan dana untuk mencegah nuklir (sistem pertahanan). Daripada (sistem kesehatan) untuk menghentikan wabah.

“Kita tidak siap untuk wabah selanjutnya,” tutur Bill Gates.

Disini Bill Gates tentu tidak saja tidak bisa memastikan wabah apa yang kira-kira akan terjadi di masa mendatang. Saat itu Bill hanya menggunakan contoh salah satu pandemi sebelumnya, yakni ebola. Dimana menurut situs-situs yang beredar telah menginfeksi sekitar 28.616 orang, dan membunuh sekitar 11.310 jiwa dengan tingkat kematian bervariasi antara 25–90%.

Perkataan Bill Gates pun semakin besar kemungkinannya untuk terjadi. Mengingat selain ebola, di berberapa dekade sebelumnya sudah ada pandemi lain yang menginfeksi banyak orang seperti wabah pes, monkeypox, flu spanyol, SARS, dan MERS-CoV.

Saya sendiri setuju dengan argumen Anda, bahwa apa yang dilakukan Bill Gates hanyalah memperingatkan kita akan kemungkinan ancaman pandemi di masa mendatang dan itu adalah hal yang mulia. Bill Gates adalah miliarder, bukan cenayang. Alih-alih meramalkan apa yang akan terjadi. Kemungkinan besar dia telah menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk melakukan riset-riset mengenai kemungkinan ancaman pandemi.

Sayangnya pada 2015, saat Bill mengemukakan idenya di TED Talks banyak orang-orang di luar sana yang tidak peduli. Kemungkinan saat itu kita masih menganggap remeh, karena ebola terjadi di Afrika. Dimana wilayah tersebut memiki konektivitas yang relatif minim dengan negara-negara lain, sehingga ebola tidak menyebar masif. Kita patut bersyukur tidak terkena dampak ebola secara langsung.

Di masa sekarang kita tidak lagi seberuntung itu. Virus semakin mudah menyebar, seiring mudahnya konektivitas antar negara. Orang-orang pun sadar bahwa Bill Gates ternyata benar soal pandemi. Tapi sepertinya itu terlambat. pandemi baru bernama Corona sudah menjangkiti 1 juta jiwa lebih di berbagai negara.

Sayangnya selain telat menyadari adanya pandemi. Ada saja sebagian orang-orang konyol pencinta teori konspirasi yang justru mencurigai oknum-oknum tertentu sebagai penyebab timbulnya pandemi. Sekalipun orang tersebut adalah orang yang berjasa memperingatkan mereka sejak 5 tahun yang lalu. Sebagian orang pencinta teori konspirasi itu menganggap jika Bill Gates merupakan pihak yang turut bertanggung jawab atas pandemi ini. Dengan alasan Bill Gates sudah memprediksinya sejak lama, dan pandemi itu ternyata benar-benar terjadi. Presentasi Bill Gates di TED Talks tahun 2015 mereka anggap sebagai pernyataan kalau miliarder ini sudah tahu soal pandemi corona sejak lama.

Padahal jelas-jelas saat itu Bill Gates hanya mengatakan kemungkinan ancaman di masa mendatang bukan lagi perang, melainkan pandemi. Sehingga sudah semestinya dana yang digelontorkan pemerintah untuk sistem kesehatan lebih banyak sebagai langkah pencegahan wabah. Kalau memang Bill Gates yang menyebabkan pandemi corona, buat apa ia menyumbang banyak untuk pembuatan vaksinnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here