Menurut TMZ, Lee dibawa dengan ambulans dari rumahnya di Hollywood Hills ke Cedars-Sinai Medical Center di mana dia kemudian meninggal. Legenda komik telah memiliki masalah dalam satu tahun terakhir atau berjuang melawan pneumonia serta beberapa masalah dengan visinya.

Stan Lee lahir Stanley Martin Lieber pada 22 Desember 1922 di New York City. Ayahnya, Jack Lieber, adalah pemotong pakaian dan dia dan istrinya, Celia, adalah imigran Yahudi kelahiran Rumania. Tumbuh, Lee menemukan dirinya dipengaruhi oleh film, terutama apa pun dengan Errol Flynn yang memainkan pahlawan. Lee lulus dari DeWitt Clinton High School di Bronx setahun setengah awal tahun 1939, dan dia melanjutkan untuk bergabung dengan WPA Federal Theatre Project.

Pada tahun 1942, Lee bergabung dengan Angkatan Darat AS dan menjadi anggota Korps Sinyal, di mana ia memperbaiki peralatan komunikasi. Kemudian, ia dipindahkan ke Divisi Film Pelatihan dan memproduksi film, manual, dan kartun. Lee meninggalkan Angkatan Darat pada tahun 1945 dan menikahi cinta dalam hidupnya, Joan Clayton Boocock, pada tahun 1947. Mereka bersama selama 70 tahun, dan memiliki dua anak, sebelum Joan meninggal pada tahun 2017.

Lee pertama kali mulai bekerja di komik pada tahun 1939 sebagai asisten di Timely Comics dan memulai debutnya sebagai pengisi teks di Captain America Comics # 3 pada tahun 1941, di mana ia pertama kali menggunakan nama samarannya “Stan Lee.” Pada tahun 50-an, Komik Tepat Waktu berevolusi menjadi Atlas Comics, dan Lee menulis banyak cerita dalam roman, fiksi ilmiah, dan genre horor.

Penerbit Martin Goodman menugaskan Lee dengan menciptakan tim superhero di akhir tahun 50-an sebagai tanggapan terhadap popularitas apa yang dilakukan DC Comics pada saat itu. Lee bekerja sama dengan Jack Kirby untuk menciptakan Fantastic Four, yang secara longgar didasarkan pada karya Kirby di DC, Challenger of the Unknown. Lee membuat karakternya cacat, memiliki masalah realistis, dan menjadi sesuatu yang bisa dipahami oleh pembaca. Ketika Fantastic Four # 1 memulai debutnya pada akhir 1961, itu adalah sukses besar.

Dia terus menggunakan tema superhero yang cacat dan menerapkannya pada tim dan karakter baru, bekerja lagi dengan Kirby pada X-Men, Hulk, Thor, dan Iron Man; kemudian, keduanya akan bergabung untuk menciptakan ikon Avengers. Lee bekerja dengan Bill Everett pada Daredevil, dan menemukan keberhasilan terbesarnya dengan artis Steve Ditko tentang Spider-Man. Lee melanjutkan dominasinya sebagai penulis di Marvel hingga 1972, ketika ia mengambil peran penerbit dan berhenti menulis buku bulanan.

Dari sana, Lee menjadi boneka dan perwakilan dari Marvel dan industri buku komik secara keseluruhan. Dia mulai muncul di konvensi buku komik, bertemu penggemar, dan pada tahun 2012, Comikaze Expo diganti namanya menjadi Comikaze milik Stan Lee, yang merupakan kehormatan tertinggi bagi siapa pun dalam industri buku komik. Lee menyukai pekerjaannya, karakternya, dan yang paling penting, para penggemarnya, dan dia tidak pernah berhenti memberi. Dia memulai Yayasan Stan Lee pada tahun 2010 yang berfokus pada literasi, pendidikan, dan seni, untuk meningkatkan akses ke sumber-sumber literasi.

Lee akan selalu diingat karena cara dia mengubah budaya pop melalui karakter yang dia ciptakan, kisah-kisah yang dia ceritakan, dan akting lucu yang dia miliki di semua film itu. Terima kasih atas segalanya, Stan.

source: tmx


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here