Bangsa China memiliki kisah sejarah yang unik. Salah sati kisah sejarah unik dari bangsa China adalah kisah 4 wanita tercantik di dunia atau disebut dengan sebutan Si Da Mei Nu. Yang dimaksud dengan 4 Wanita Tercantik di China atau Si Da Mei Nu [美女] adalah Xi Shi [西施], Wang Zhao Jun [王昭君], Diao Zhan [貂蝉] dan Yang Gui Fei [杨玉环]. Mereka terkenal dengan kecantikannya dan juga karena kecantikan keempat wanita ini mempengaruhi nasib sebuah Negara atau Dinasti Kerajaan sepanjang sejarah Tiongkok.

Berikut ini sejarah singkat keempat Wanita Tercantik dalam Sejarah Cina dan pengaruhnya terhadap jalannya sejarah suatu Negara atau Dinasti Kerajaan pada masa Kerajaan Cina.

  • Xi Shi

Xi Shi adalah seorang wanita yang tinggal di Negara Berperang Chun Qiu (Chun Qiu Zhan Guo), tepat di Negara Kerajaan Yue. Saat itu, Kerajaan Yue kalah perang dan ditaklukkan oleh Negara Kerajaan Wu. Demi negaranya, Xi Shi [西施] bersedia ditawarkan kepada Raja Wu, Fu Chai [夫差] sebagai selir. Xi Shi berhasil menjadi selir kesayangan Raja Wu dan Xi Shi juga selalu berusaha membuat Raja Wu menikmati kesenangan dan menjauhi urusan kenegaraan sehingga nasehat dan laporan pemerintah dari para Menteri Kerajaan Wu tidak lagi diindahkan oleh Raja Wu. Dengan demikian, Raja Yue (Gou Jian [句践]) berhasil memberontak yang akhirnya berhasil menghancurkan Negara Wu.

Setelah Negara Wu berhasil dihancurkan oleh Raja Yue, Xi Shi dan Orang yang dicintainya, Fan Li [范蠡] meninggalkan Negara Yue dan pergi ke suatu tempat yang tidak diketahui siapapun.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa Xi Shi Beauty ini membuat ikan-ikan yang ada di dalam kolam lupa cara berenangnya sehingga tenggelam ke dasar kolam.

  • Wang Zhao Jun

Wang Zhao Jun adalah seorang pembantu istana di Dinasti Han. Pada tahun 54 SM, salah satu pemimpin Suku Xiong Nu bernama Hu Han Xie Chan Yu [呼韩邪 单于] dikalahkan oleh saudaranya Zhi Zhi Chan Yu [郅支 单于]. Hu Han Xie Chan Yu kemudian mundur ke Guang Lu Sai [光禄 塞] yang letaknya berdekatan dengan ibu kota Dinasti Han, Chang’an [长安]. Kelompok Suku Xiong Nu dibawah pimpinan Hu Han Xie Chan Yu kemudian bersekutu dengan Pemerintah Dinasti Han untuk melawan Kelompok Suku Xiong Nu yang dipimpin oleh kakaknya.

Untuk mempererat hubungan dan persahabatan Sekutu antara kedua negara, dilakukan pernikahan damai yang melibatkan Putri Dinasti Han dan Pemimpin Xiong Nu. Mendengar harus pergi ke Negara Xiong Nu yang sangat jauh dari Dinasti Han, semua Putri atau perempuan menolak. Akhirnya, Wang Zhao Jun, yang memiliki rasa pengabdian yang tinggi kepada Dinasti Han, melamar untuk memenuhi pernikahan yang damai ini.

Wang Zhao Jun yang awalnya seorang pelayan istana kemudian diangkat menjadi Putri Dinasti Han dan menikah dengan Pemimpin Xiong Nu, Raja Hu Han Xie Chan Yu.

Sesampainya di Negara Bagian Xiong Nu dan menjadi Permaisuri Xiong Nu, Wang Zhao Jun selalu berupaya menjadi Duta Perdamaian antara Dinasti Han dan Negara Bagian Xiong Nu agar hubungan damai kedua Negara dapat berlangsung selama setengah abad.

Ada ungkapan kecantikan Wang Zhao Jun yang membuat burung-burung di angkasa lupa menggerakkan sayapnya hingga jatuh ke tanah.

  • Diao Chan

Diao Chan adalah Penyanyi Cantik di akhir Dinasti Han. Saat itu, kondisi pemerintahan Dinasti Han sangat memprihatinkan dan hampir semua kekuasaan jatuh ke tangan Pejabat Jahat bernama Dong Zhuo [董卓]. Dong Zhuo memiliki seorang putra angkat, Lu Bu [吕布] yang sangat ahli dalam seni bela diri.

Untuk menyelamatkan Kekuasaan Dinasti Han, Diao Chan kemudian diminta oleh Menteri Han bernama Wang Yun [王允] untuk mengeluh tentang Dong Zhuo dan Lu Bu. Taktik yang digunakan Wang Yun adalah mengadopsi Diao Chan sebagai anak angkatnya dan mempertemukan Diao Chan dan Lu Bu. Lu Bu yang bertemu dengan Diao Chan langsung jatuh cinta dan mengungkapkan keinginannya untuk menikahi Diao Chan. Wang Yun setuju. Di satu sisi, Wang Yun juga mempersembahkan Diao Chan kepada Dong Zhuo. Wang Yun memberi tahu Lu Bu bahwa ini adalah paksaan dari Dong Zhuo. Ini membuat Lu Bu marah dan membenci Dong Zhuo. Wang Yun kemudian membujuk Lu Bu untuk memberontak melawan Dong Zhuo. Akhirnya Lu Bu mengambil tindakan dan membunuh Dong Zhuo sehingga berhasil merebut kembali Diao Chan.

Kecantikan Diao Chan membuat Bulan menutupi dirinya dengan awan yang mengelilinginya. Ekspresi yang mencerminkan keindahan tersebut

  • Yang Yu Huan

Yang Yu Huan adalah selir tercinta Kaisar Tang Xuan Zong [唐玄宗]. Karena dia adalah Selir Kaisar, Yang Yu Huan juga dikenal sebagai Yang Gui Fei [杨贵妃]. Selain kecantikannya, Yang Yu Huan juga memiliki bakat tinggi dalam musik dan tari yang sangat disukai oleh Kaisar Tang Xuan Zong.

Pada saat pemberontakan An Lu Shan [安禄山], Kaisar Tang Xuan Zong kalah dalam pertempuran ini dan melarikan diri dari Istana Chang’an ke Si Chuan [四川]. Di tengah perjalanan, tepatnya di Ma Wei Po [马嵬坡], Tentara Tang tidak ingin lagi maju. Mereka menganggap bahwa pemberontakan An Lu Shan ini dikarenakan Yang Guo Zhong [杨国忠] yaitu kakak dari Yang Gui Fei. Untuk menenangkan hati para tentara, Kaisar Tang Xuan Zong terpaksa membunuh Yang Guo Zong. Tetapi Tentara Tang tetap saja tidak mau maju, mereka memaksa Kaisar Tang Xuan Zong untuk membunuh Yang Gui Fei, karena menganggap Yang Gui Fei adalah Adik dari Yang Guo Zong sehingga Yang Gui Fei juga bertanggung jawab atas pemberontakan ini. Akhirnya Yang Gui Fei juga dihukum mati.

Terdapat ungkapan bahwa kecantikan Yang Gui Fei membuat bunga pun malu dan menutupi dirinya.semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here