Agama Buddha memiliki ragam aliran kelompok. Salah satu aliran kelompok dalam agama Buddha adalah aliran Padmasambhava. Apa yang dimaksud Padmasambhava? Padmasambhava disebut Guru Rimpoche, Tibetan Slob-dpon (“Guru”), atau Padma ‘Byung-gnas (“Lahir Teratai”), (berkembang abad ke-8), mistik Buddha India legendaris yang memperkenalkan Buddhisme Tantra ke Tibet dan yang dikreditkan dengan mendirikan biara Buddha pertama di sana.

Menurut tradisi, dia adalah penduduk asli Udyāna (sekarang Swat, Pak.), Sebuah daerah yang terkenal dengan para pesulapnya. Padmasambhava adalah seorang Tantris dan anggota sekte Yogācāra dan mengajar di Nalanda, pusat studi Buddhis di India. Dia diundang ke Tibet pada tahun 747 oleh Raja Thī-srong-detsan dan tiba di Samye (Bsan-yas), di mana dia dikatakan telah mengusir setan yang menghambat pembangunan biara Buddha dengan menyebabkan gempa bumi. Dia mengawasi penyelesaian biara pada 749.

Sekte Buddha Tibet Rnying-ma-pa (Periode Lama) mengklaim mengikuti paling dekat ajaran Padmasambhava, menekankan ritual Tantra, penyembahan, dan Yoga. Teks-teks dasar ajaran sekte tersebut, yang konon dikuburkan oleh Padmasambhava, mulai ditemukan sekitar tahun 1125. Ia juga memiliki banyak buku Tantra yang diterjemahkan dari bahasa Sanskerta asli ke dalam bahasa Tibet. Ayo, dapatkan infrmasi menarik lainnya dari indonesiar.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here