Bila kalian melihat atraksi tong setan tentu kalian heran dan bingung mengapa para pembalap atraksi tong setan mampu memacu kendaraannya dalam posisi melawan tenaga gravitasi, ternyata ada teori fisika di balik atraksi ini.

Menurut penuturan salah satu akrobat atraksi tong setan yang tidak ingin namanya disebutkan, “ketika motor bergerak di dinding ada sejumlah gaya yang berperan terhadap hal ini. Gaya gravitasi yang bertindak dari bawah, gaya gesek yang bersinggungan langsung dengan ban sepeda, dan juga gaya sentripetal yang mengarahkan sepeda dari pusat lingkaran ke dinding”.

Secara lebih mendalam, gaya gesek yang diakibatkan oleh ban motor harus didukung oleh kecepatan motor yang cukup. Artinya, harus ada kecepatan minimum dari motor untuk menghasilkan gaya gesek yang maksimum.

Ini sangat penting karena jika gaya gravitasi lebih besar, maka sepeda motor akan meluncur ke bawah dan pengendara akan jatuh. Gesekan menjadi kuat karena kecepatan meningkat, tetapi dengan meningkatkan kecepatan, dan lebih sulit bagi pengendara untuk mengarahkan kendaraan dengan aman.

nah sekarang baru tau kan kenapa bisa begitu. semoga informasi ini sangat bermanfaat untuk enambah wawasan pengetahuan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here