Perusahaan bioteknologi AS, Novavax Inc., Kamis, mengatakan vaksin eksperimentalnya sekitar 89 persen efektif dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus korona baru selama uji klinis tahap akhir yang dilakukan di Inggris. Perusahaan juga mengatakan dalam siaran pers bahwa vaksin tersebut menunjukkan “kemanjuran klinis yang signifikan” terhadap varian virus yang muncul dengan cepat yang pertama kali diidentifikasi di Inggris dan Afrika Selatan.

Uji klinis fase ketiga di Inggris, di mana varian yang lebih menular telah menyebar, melibatkan lebih dari 15.000 peserta berusia antara 18 dan 84 tahun, termasuk 27 persen di atas usia 65 tahun. Dari 62 kasus yang didiagnosis dengan COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus, enam telah menerima vaksin dan sisanya telah diberikan plasebo, menandakan tingkat kemanjuran 89,3 persen, kata perusahaan yang berbasis di Maryland itu. Analisis pendahuluan juga menunjukkan bahwa vaksin itu 85,6 persen efektif melawan strain Inggris.

Sementara itu, uji klinis tahap menengah di Afrika Selatan menunjukkan vaksin itu 60 persen efektif di antara orang HIV-negatif. Di Jepang, Takeda Pharmaceutical Co. sedang bersiap untuk memproduksi dan menjual vaksin yang dikembangkan Novavax. Ayo, dapatkan informasi menarik lainnya dari indonesiar.com.


Source : Kyodonews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here