Mungkin dari beberapa ibu sekalian ada yang merasa kecewa dan terkadang merasa jengkel melihat kesalahan yang dilakukan oleh anak. Oh iya ternyata nggak baik kalau menghukum anak dengan cara-cara yang kasar dan keras lho terhadap anak. selain menimbulkan cedera fisik, anak juga akan menyimpan perasaan dendam dan kebencian kerhadap orangtua sehingga suatu saat bisa saja menjadi “bom meledak” bagi ibu lho!.

ini nih ada beberapa cara ampuh menghukum  anak tanpa menyiksa anak

Kurangi jatah uang jajan sang anak

nah, kamu sebagai ibu harus juga tegas dalam mendidik anak biar masa depannya menjadi orang yang berguna. Jangan terlalu memanjakan sang anak dengan memberikan uang jajan yang banyak. Sesekali hukumlah anak dengan cara mengurangi uang jajan sang anak biar anak juga tau bahwa orangtua juga mencari uang untuk kebutuhan anak itu dengan cara bekerja keras.

Kurangi waktu bermain sang anak

Oh iya, mungkin cara ini juga membuat anak tidak suka. Tetapi, dengan cara seperti ini juga pasti sang anak akan menyesali setiap kesalahannya. Bagaimanapun juga, pengurangan waktu bermain sang anak dikurangi dan diganti dengan peningkatan jam belajarnya saja.

Berikan hukuman dengan melaksanakan tugas pekerjaan rumahtangga yang ringan

Nah, ini dia lho termasuk cara mama yang efektif memberi hukuman kepada sang anak. Mengapa? karena dengan memberikan hukuman dengan melaksanakan tugas pekerjaan rumah tangga yang ringan seperti membersihkan kamar mandi atau toilet, membersihkan lantai rumah,memasak, mencuci piring dan pakaian ya tentu saja sng anak akan merasakan beban kerja sang ibu. Dengan kata lain, anak akan melatih dirinya untuk disiplin dengan tanggungjawab dan tugasnya.

 

Oh, jadi kamu sucara ini bisa dipakai lho biar sang anak semakin lebih baik.dah paham kan bagaimana caranya memberi hukuman yang baik bagi anak tanpa harus menyiksa sang anak ? oh iya semoga  bermanfaat untuk masa depan anak yang lebih baik.

 

…..

Sumber: Team Media Indonesiar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here