Artikel ini kami buat bukanlah untuk bersifat rasis atau diskriminatif. Mungkin dari beberapa pembaca sekalian masih bingung mengapa beberapa teman kita dari provinsi Nusa Tenggara Timur ada yang memiliki marga atau biasa disebut sebagai fam yang sama dengan marga atau fam orang Portugal, Spanyol maupun orang-orang di wilayah Amerika Latin.

Pada zaman dahulu sebelum Indonesia merdeka, wilayah NTT memiliki pengaruh kuat budaya Portugis. Orang-orang NTT yang memiliki fam Portugis itu pun hanya terdapat di wilayah Pulau Flores mulai dari Kabupaten Sikka (Maumere) ke Flores Timur (Larantuka), Pulau Adonara, Solor, dan Lembata. Ini karena menurut cerita penduduk disana, sejarahnya Portugis datang ke Flores pertama kali adalah wilayah Larantuka, beberapa dari mereka menikahi penduduk lokal, yang merupakan Keluarga orang yang dituakan atau memiliki pengaruh besar di daerah itu. Sehingga keturunannya pun dianggap semacam orang yang berkasta.

Beberapa fam yang dianggap keturunan bangsawan adalah Da Lopez, Da Costa, Pareira

Ada juga beberapa fam lain yang merupakan keturunan Portugis juga seperti De Rosari, Da Cunha, De Ornay, Diaz, Vieira

Demikianlah artikel ini dibuat berdasarkan dari beberapa sumber yang berasal dari warga asal NTT yang bermukim di berbagai tempat di Indonesia. Semoga menambah wawasan anda untuk se;makin mencintai negeri ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here