Bulan suci Ramadan kali ini memang berbeda karena saat ini kamu dan keluarga di seluruh Indonesia diimbau untuk melakukan aktivitas di rumah dulu demi menjaga kesehatan. Meski begitu, kamu dan keluarga tetap bisa melakukan banyak kebaikan dan tetap menjaga kemurnian Ramadan. Tetapi meski banyak aktivitas yang dilakukan, kamu dan keluarga jangan terkena dehidrasi ya. Indonesiar akan membagikan hal penting agar kamu dan keluargamu terhindar dari dehidrasi saat puasa. Untuk lebih jelas, simak ulasan berikut.

1. Pastikan kebutuhan buah dan sayur tercukupi untuk tubuh tetap sehatAQUA

Kamu pasti tahu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah dan sayur. Hal itu pasti sangat dibutuhkan oleh keluarga kamu di rumah. Saat menjalankan ibadah puasa, kebutuhan cairan tubuh sangat diperlukan untuk tubuh tetap sehat. Dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung cukup air saat sahur dan berbuka puasa, bisa membuat Mama dan keluarga terhindar dari dehidrasi dan lebih semangat menjalankan kebaikan Ramadan meski di rumah saja.

2. Penuhi kebutuhan air mineral minimal 2 liter sehari

Rumus 2-4-2 sudah pasti bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh setiap anggota keluarga saat puasa. Rumus ini bisa kamu lakukan dengan cara minum 2 gelas air saat sahur, 4 gelas air saat berbuka puasa, dan 2 gelas air sebelum tidur. Dengan melakukan rumus tersebut, kamu dan keluarga bisa terhindar dari dehidrasi saat puasa.

Dengan memenuhi kebutuhan tersebut kamu mendapatkan banyak manfaat seperti, membentuk sel dan cairan tubuh, mengatur suhu tubuh, pelarut pada proses pencernaan makanan, membantu penyaluran nutrisi ke dalam sel-sel tubuh, dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh melalui urine.

3. Kurangi kegiatan luar ruangan, pastikan keluarga tetap di rumah

Untuk menghindari dehidrasi kamu dan keluarga bisa mengurangi kegiatan di luar ruangan sebab sinar matahari yang terik dapat membuat kita berkeringat dan mudah dehidrasi. Tapi, bukan berarti kamu dan keluarga nggak boleh berjemur ya. kamu masih bisa berjemur dengan waktu sekitar 10 menit saja ya. Kesehatan dan kebaikan Ramadan bisa diperoleh meski di rumah.

4. Lakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat dan hindari tidur terlalu banyak

Meski berpuasa, kamu dan keluarga masih bisa melakukan banyak aktivitas seru di rumah. Mulai dengan membuat menu takjil bersama, video call dengan keluarga yang jauh, mengirimkan paket makanan untuk kerabat atau tetangga, membantu driver ojek online yang saat ini membutuhkan, dan masih banyak hal positif dan baik lainnya.

Ternyata banyak kebaikan Ramadan yang bisa dilakukan walau di rumah daripada mengisi waktu dengan tidur di rumah. Sebab kegiatan tidur itu membuat kehilangan cairan tanpa terasa dan membuat lebih mudah dehidrasi.

5. Kamu dan keluarga bisa hindari terlebih dahulu olahraga yang berat ya!

Olahraga saat puasa memang tidak menjadi masalah bila dilakukan dengan benar dan secukupnya. Dengan berolahraga secara teratur selain kesehatan yang kamu dapatkan, hal itu bisa membuatmu lebih kuat untuk menjalani aktivitas keseharian.

Tapi, jika kamu ingin olahraga yang berat, kamu bisa lakukan saat jam menjelang berbuka puasa biar saat merasakan dehidrasi saat berolahraga langsung minum air mineral saat waktu berbuka puasa tiba.

Tetap jaga kesehatan dan kebersihan dan semoga wabah pandemi ini berlalu ya ! .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here