Peringkat persetujuan Presiden Rodrigo Duterte naik dari angka tahun lalu di tengah pandemi virus korona yang sedang berlangsung, survei Pulse Asia menunjukkan hari Senin.

Jajak pendapat yang dilakukan 14 hingga 20 September itu mengungkapkan bahwa 91 persen dari 1.200 responden menyetujui kinerja Presiden, sedikit meningkat dari 87 persen pada Desember 2019. Survei terbaru juga menunjukkan 5 persen responden tidak setuju dengan kinerja Presiden sementara 5 persen tidak setuju dengan kinerja Presiden. bimbang.

Peringkat kepercayaan Presiden, sementara itu, naik menjadi 91 persen dari 83 persen yang dihitung selama survei tahun lalu dari lembaga survei yang sama.

Duterte mendapat kenaikan tertinggi sebesar 11 persen dari Kelas E, pusat sosial-ekonomi termiskin.

Malacañang menyambut baik hasil survei tersebut, dengan mengatakan bahwa Presiden tetap berkomitmen pada janjinya untuk meringankan kehidupan masyarakat miskin yang hampir tidak tertular pandemi.

Saya kira masyarakat tidak ingin berpolitik. Mereka melihat bahwa Presiden melakukan semua yang dia bisa lakukan untuk mengurangi jumlah orang Filipina yang akan tertular COVID-19 dan mengangkat warga negara kita keluar dari kemiskinan, “kata juru bicara kepresidenan Harry Roque dalam sebuah briefing yang disiarkan televisi.

Roque juga menyindir Wakil Presiden Leni Robredo, yang tertinggal dari Duterte, Presiden Senat Vicente Sotto III, dan Ketua DPR Alan Peter Cayetano dalam hal peringkat Pulse Asia.

Nyonya, VP, sepertinya saya benar. Tampaknya orang Filipina tidak ingin berpolitik di tengah pandemi. Cobalah untuk berhenti berpolitik dan Anda mungkin mendapatkan peringkat kepercayaan lebih tinggi dari 50 persen dan peringkat kinerja lebih tinggi dari 57 persen, ”katanya.

Robredo, yang dipuji karena proyek tanggap pandemi meskipun anggaran kantornya kecil, mendapat peringkat kinerja 57 persen – penurunan 1 persen dari peringkat 58 persen pada Desember 2019.

Dua puluh dua persen responden tidak setuju dengan penampilannya sementara 21 persen ragu-ragu.

Mengalahkan Robredo dalam hal peringkat adalah Sotto, yang mendapat peringkat persetujuan 84 persen, dan Cayetano dengan peringkat persetujuan 70 persen.

Sementara itu, Ketua Mahkamah Agung Diosdado Peralta gagal memperoleh skor persetujuan mayoritas sebesar 44 persen, dibandingkan dengan 37 persen ragu-ragu dan 13 persen tidak setuju.

Jajak pendapat tersebut melibatkan wawancara tatap muka dengan responden secara nasional dan memiliki margin kesalahan pengambilan sampel sebesar ± 2,8% margin kesalahan pada tingkat kepercayaan 95%.

Peringkat tinggi Duterte datang di tengah meningkatnya infeksi di negara yang sekarang berada di antara 20 negara teratas dunia dengan jumlah kasus tertinggi dengan lebih dari 322.000 infeksi pada hari Minggu.

Itu juga terjadi di tengah meningkatnya angka kejadian kelaparan. Stasiun Cuaca Sosial menghitung tingkat kejadian kelaparan sebesar 30,7 persen dari 17 hingga 20 September, melampaui puncak sebelumnya sebesar 23,8 persen pada Maret 2012.

Sekitar 27,3 juta orang atau hampir setengah dari angkatan kerja dewasa tidak bekerja pada Juli, empat bulan setelah negara itu pertama kali memberlakukan penguncian skala besar, menurut SWS.

Filipina sedang menghadapi kontraksi terdalam dalam beberapa dekade setelah terjerumus ke dalam resesi pada kuartal kedua.


Source : dailytribune

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here