Pada Zaman dahulu negara China memiliki seorang kaisar yang bijaksana. Kaisar yang bijaksanan itu adalah bernama Kaisar Kangxi. Kaisar Kangxi memerintah selama 61 tahun, dari tahun 1654 hingga 1722, yang terpanjang di antara kaisar Tiongkok mana pun.

Dia mengawasi beberapa lompatan budaya, termasuk pembuatan kamus yang dianggap sebagai standarisasi terbaik bahasa Han dan pendanaan survei untuk membuat peta China yang paling luas hingga saat itu.

Kangxi juga mengurangi pajak dan menghentikan korupsi dan kelebihan pemerintahan. Dia memberlakukan kebijakan yang menguntungkan petani dan menghentikan perampasan tanah. Dia memangkas staf dan pengeluarannya sendiri secara signifikan.

Kangxi juga menekan ancaman militer, mendorong kembali tiga pemberontakan Han dan merebut Taiwan. Kangxi juga menghentikan upaya invasi terus menerus oleh Tsar Rusia dan menengahi Perjanjian Nerchinsk pada tahun 1689, yang membawa wilayah Siberia yang luas ke dalam kendali Cina dan memungkinkan dia untuk meredam pemberontakan di Mongolia.

Kentang dan jagung — tanaman asli Amerika — diperkenalkan sebagai tanaman selama pemerintahan Kangxi, dan makanan dianggap berlimpah selama waktu itu. Selain itu, Kangxi mengawasi ledakan ekspor, terutama kapas, sutra, teh, dan keramik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here