Kamu termasuk orang yang suka menulis ide ataupun sesuatu dalam sebuah catatan jurnal? Walaupun ini hanya coret-coretan idemu, ternyata hal seperti itu bermanfaat untuk dirimu sendiri, terutama untuk pengembangan kariermu.

Saat kamu menulis berbagai masalah, analisa, ide ataupun rencana ke depannya, tanpa disadari, kamu menata pekerjaan lebih baik. Inilah berbagai manfaat menulis catatan jurnal untuk kariermu.

  • Mengembangkan ide yang ada

Terkadang ide itu muncul dimana saja dan kapan saja. Nggak ada salah kamu mencatatnya agar nggak lupa tentang ide tersebut. Dengan menulis beberapa ide, kamu bisa mengembangkannya secara khusus untuk membaginya ke atasanmu.

Wah, hal ini bisa menjadi cara agar apa yang kamu pikirkan bisa terealisasikan secara nyata.

  • Menjadi bahan pembelajaran

Jika ada sesuatu hal dalam pengalamanmu, mau itu hal baik atau buruk yang kamu rasakan di dunia kerja, kamu bisa menuliskannya juga. Hal ini bisa seperti kesulitanmu saat negosiasi dengan klien, keberhasilanmu saat menjalankan sebuah proyek dan lainnya.

Semua yang kamu catat bisa menjadi evaluasi pengemnagan karier dan usahamu ke depan.

  • Mencatat berbagai saran dari mentor

Berjalannya waktu, pasti kamu akan bertemu dengan banyak orang di dunia kerja, baik itu atasanmu, manager ataupun mentor dari luar kantor. Jika mereka memberimu feedback atau nasehat, catatlah di dalam jurnalmu.

Kamu akan mengingat kata-kata bijak mereka dan bisa improve lagi lebih baik.

  • Hindari menyimpan keluh kesah

Gunakan jurnalmu sebagai catatan pengingat, bukan diary untuk menumpahkan keluh kesah. Jika kamu mengalami pengalaman yang kurang mengenakkan dari klien, rekan kerja ataupun atasan, cukup berikan tanda di jurnal yang hanya kamu memahaminya, misalnya titik merah atau garis berwarna. Hal ini bisa menjadi pengingat agar kamu bisa lebih berhati-hati di kemudian hari saat berurusan dengan mereka, tanpa menumpahkan kata-kata negatif.

  • Mengumpulkan beberapa keberhasilan

Jika kamu mendapatkan beberapa keberhasilan selama bekerja, kamu bisa menulisnya ke dalam catatan jurnalmu. Jika beberapa rekan kerja ataupun atasan memberikan pujian, kamu bisa menulisnya untuk menjadi semangatmu ke depannya.

  • Merencanakan masa depan

Apa yang sudah kamu catatkan ke dalam catatan jurnalmu, bisa digunakan untuk bekal ke jenjang karir berikutnya. Hal ini bisa kamu rencanakan jauh-jauh hari tentang tujuan hidupmu. Jika kamu merasa jenuh terhadap rutinitas harian, kamu bisa membacanya kembali dan menulis rencana yang akan kamu ambil di lima tahun ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here