Perancang Jepang Kenzo Takada, pendiri merek Kenzo yang menghabiskan sebagian besar karirnya di jantung industri mode Prancis, meninggal hari Minggu di rumah sakit dekat Paris setelah tertular virus corona baru, kata juru bicaranya. Dia berusia 81 tahun.

Takada dirawat di rumah sakit sekitar 10 September karena kesehatan yang buruk setelah perjalanan ke Prancis selatan dan dinyatakan positif terkena virus pada hari berikutnya, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan.

Meskipun pada suatu saat dia menyatakan bahwa dia membaik, dia meninggal setelah mengalami kondisi jungkat-jungkit.

Takada lahir di Prefektur Hyogo, Jepang bagian barat, dan pindah ke Prancis pada tahun 1965. Dia membuka butik lima tahun kemudian di Paris. Sepotong dari salah satu koleksinya pada saat itu ditampilkan di sampul majalah Elle, menarik perhatian internasional.

Menggunakan tekstil Jepang bersama dengan kombinasi warna cerah yang berani, Takada membuktikan dirinya sebagai desainer populer di panggung global pada awal 1970-an.

Dia meluncurkan koleksi untuk pria mulai tahun 1983, tetapi akhirnya berpisah dengan merek Kenzo setelah koleksinya di Paris pada tahun 1999.

Ia juga melebarkan sayap ke bidang-bidang di luar pakaian, seperti desain interior. Dia menciptakan seragam untuk tim Jepang di Olimpiade Musim Panas 2004 di Athena.

Takada diangkat menjadi Knight of the Legion of Honor di Prancis. Di Jepang, ia dianugerahi Medali Pita Ungu, sebuah penghargaan bagi mereka yang telah berkontribusi pada perkembangan akademik dan artistik.

“Dia aktif secara internasional sebagai desainer Jepang, dan kematiannya juga merupakan kerugian besar bagi Jepang. Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus atas kematiannya,” kata juru bicara pemerintah Jepang, Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato, pada konferensi pers.

Junko Koshino, seorang desainer Jepang berusia 81 tahun, mengatakan bahwa “persahabatan dekatnya” dengan Takada telah berlangsung selama lebih dari 60 tahun.


Source : kyodonews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here