Baru-baru ini media sosial sedang dihebohkan dengan cerita pembagian donasi uang 3 juta di dalam sejumlah sekantong berisi tepung.

Kabarnya aksi itu dilakukan oleh aktris Bollywood, Amir Khan. Kabar Amir Khan bagikan uang 3 juta di dalam kantong-kantong tepung itu katanya sengaja dilakukan agar hanya yang benar-benar membutuhkan yang akan mengambilnya.

Akan tetapi, kabar pembagian kantong beras yang berisi uang senilai hampir 3 juta itu dikonfirmasi oleh pihak PR Amir Khan bahwa Amir Khan tidak terlibat dalam aksi itu.

Tapi banyak yang beranggapan bahwa Amir Khan sengaja menyembunyikan kabar tersebut karena tidak mau ada yang mengetahui pemberiannya.

Terlepas dari benar atau tidaknya Amir Khan bagikan uang 3 juta tersebut, ada beberapa hal yang bisa diambil sebagai pelajaran loh, Ma!

Simak tulisan Indonesiar.com berikut ini ya.

1. Jangan takut miskin untuk berbagi dengan yang membutuhkan

Ada berbagai penelitian kalau bersedekah mampu membawa kesuksesan. Deepak Chopra dalam 7 Spiritual Law of Success sampai menyampaikan “Law of Giving” sebagai salah satu kunci dari kesuksesan.

Tidak harus menunggu untuk menjadi sukses terlebih dahulu untuk bisa berbagi.

Tapi dengan berbagi justru bisa mengantarkan kita pada kesuksesan.

Jadi jangan pernah takut menjadi miskin dengan berbagi rezeki yang dimiliki.

2. Bersedekah secara sembunyi-sembunyi

Bersedekah secara sembunyi-sembunyi sangat baik untuk dilakukan. Sebab, dengan melakukan sedekah tanpa diketahui orang lain dapat menjaga niat di dalam hati.

Aksi membagikan tepung itu memang dilakukan secara terang-terangan.

Tapi dengan memasukkan uang di dalamnya secara tersembunyi adalah cara yang sangat baik untuk menyaring penerima bantuan yang benar-benar membutuhkan.

3. Memberi sesuatu yang terbaik

Pixabay/rawpixel

Pelajaran lain dari kabar Amir Khan bagikan uang 3 juta secara diam-diam hingga tak ingin mengakuinya adalah memberikan sesuatu yang terbaik.

Sesuatu yang bisa bermanfaat bagi penerima dan penerima merasa senang mendapatkannya.

Kita tidak tahu penerima bantuan itu sedang membutuhkan apa untuk kebutuhan hidupnya. Mungkin bukan hanya bahan pokok saja yang mereka butuhkan. Mungkin juga mereka butuh untuk membayar uang sewa bulanan kontrakannya atau hal lainnya yang tidak bisa dibayar dengan sembako.

Dengan memberi uang tunai akan lebih membantu penerima bantuan untuk kebutuhan hidupnya.

Terlepas benar atau tidaknya kabar Amir Khan bagikan uang 3 juta di dalam kantong tepung terigu, kita harus mengapresiasi usaha si pemberi donasi.

Ia telah berusaha untuk menolong orang yang membutuhkan dan menyesuaikan pemberiannya agar lebih sesuai dengan kebutuhan penerimanya.

Di tengah kondisi yang sulit seperti ini, aksi saling membantu satu sama lain sangat dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here