Tahukah kamu dari golongan darah bisa diketahui leluhur nenek moyangmu? Ada banyak memang tahayul tentang golongan darah. Bagi orang Jepang dan Asia Timur, rata-rata beranggapan kalau golongan darah itu juga menentukan perilaku orangnya.

Ketsueki-gata adalah istilah yang berarti menganalisis kepribadian seseorang berdasarkan golongan darahnya. Istilah ini mulai populer sejak 1930-an, berkat profesor Jepang Tokeji Furukawa yang menerbitkan sebuah makalah yang mengklaim bahwa setiap golongan darah mencerminkan kepribadian seseorang yang memilikinya.

Empat tipe darah primer, A, B, O dan AB dibedakan satu sama lain berdasarkan antigennya. Antigen ditemukan di permukaan sel darah merah dan membantu menjelaskan seberapa efektif sistem kekebalan Anda bekerja.

Anda akan terkejut mengetahui bahwa di Jepang orang sangat suka bertanya golongan darah orang lain karena mereka benar-benar percaya pada teori kepribadian golongan darah. Orang Jepang menggunakannya sebagai alat untuk menilai potensi karyawan dan kompatibilitas dua orang yang menikah.

Meskipun tes kepribadian golongan darah belum memiliki dukungan ilmiah, banyak orang mengklaim bahwa itu benar untuk mereka. Baca terus untuk mengetahui apakah teori Furukawa cocok untuk Anda:

Tipe A

Orang dengan golongan darah A sensitif, kooperatif, emosional, bersemangat dan pintar. Mereka sangat sabar, setia dan cinta damai dan karenanya tidak suka bertengkar dengan siapa pun. Tetapi terkadang orang-orang ini menjadi terlalu sensitif. Mereka tidak suka melanggar aturan yang ditetapkan oleh masyarakat dan peduli dengan etika dan standar sosial.

Orang-orang ini meluangkan waktu untuk mengambil keputusan dan terlalu terorganisir dalam semua bidang kehidupan tetapi tidak dapat melakukan banyak tugas. Mereka menyukai hal-hal yang rapi dan bersih dan di tempat yang tepat, itulah sebabnya banyak orang ini suka Rutinitas dan rajin, bahkan bisa terkena penyakit psikologi OCD. Obsessive-compulsive disorder (OCD) yang merupakan gangguan kecemasan dan panik di mana Orang-orang ini  berulang kali, pikiran, ide atau sensasi yang tidak diinginkan (obsesi) yang membuat mereka merasa terdorong untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang, gangguan psikologis ini termasuk dalam resiko bagi golongan darah A.

Orang dengan golongan darah ini juga mudah stres dan karenanya memiliki hormon kortisol (stres) tingkat tinggi.

Ciri-ciri kepribadian umum: Baik hati, pemalu, penuh perhatian, keras kepala, sopan, tegang, dapat diandalkan, terlalu sensitif, perfeksionis, bertanggung jawab, malu-malu, cemas, tenang dan tenang.

Ciri-ciri kepribadian terbaik: Loyal, perfeksionis, terorganisir, dan konsisten.

Ciri-ciri kepribadian buruk: Obsesif, terlalu sensitif, pesimistis, keras kepala, mudah stres, dan cerewet.

Orang-orang ini membuat teman yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Mereka tidak suka menunjukkan emosi dan perasaan mereka kepada siapa pun kecuali merasa nyaman dengan mereka.

Orang-orang ini adalah pembuat keputusan yang sangat kreatif dan cepat. Tapi mereka tidak bisa menerima teguran. Mereka menempatkan setiap bagian dari diri mereka ke dalam sesuatu yang ingin mereka fokuskan. Mereka memiliki keinginan yang sangat kuat dan dorongan untuk menjadi yang terbaik dari semua yang mereka lakukan. Tapi sama seperti golongan darah A, orang-orang ini juga tidak pandai multi-tasking.

Tipe B

Orang dengan golongan darah B bijaksana dan empatik terhadap orang lain dan berteman baik dan dapat diandalkan. Orang-orang ini juga menghadapi banyak diskriminasi karena sifat kepribadian negatif mereka seperti mementingkan diri sendiri dan kadang-kadang tidak mau bekerja sama. Masyarakat juga berfokus pada sisi negatif dari orang-orang dengan golongan darah B, meskipun mereka juga memiliki sisi yang baik. Tetapi sebagai akibat dari ini, mereka cenderung menjadi penyendiri.

Ciri-ciri kepribadian positif: Ingin tahu, kuat, santai, kreatif, suka berpetualang, bersemangat, ceria, aktif dan ramah.

Ciri-ciri kepribadian negatif: Liar, tidak menentu, egois, kejam tidak kenal ampun, tidak kooperatif, tidak bertanggung jawab, dan kalau marah tidak dapat diprediksi.

Tipe AB

Orang dengan golongan darah AB adalah campuran tipe kepribadian A dan B, sama seperti golongan darah mereka. Orang-orang ini rumit dan dapat memiliki kepribadian ganda seperti mereka dapat menjadi pemalu seperti tipe A dan keluar seperti tipe B. Mereka berusaha menjaga kepribadian mereka yang sebenarnya dari orang asing, sehingga membuat sebagian besar orang percaya bahwa mereka adalah kepribadian campuran. Sulit untuk memecahkan kode orang-orang ini sampai Anda mengenal mereka secara menyeluruh. Juga, orang-orang ini adalah golongan darah paling langka di dunia.

Mereka menawan dan berteman dengan mudah. Tidak akan pernah ada momen yang menjemukan dalam sekelompok teman bahkan jika hanya satu dari mereka adalah golongan darah AB. Mereka juga seperti A, yaitu buruk dalam menangani stres.

Orang AB sangat berhati-hati saat berurusan dengan orang lain dan berempati. Orang-orang ini juga memiliki keterampilan analitis dan logis yang luar biasa.

Ciri-ciri kepribadian yang baik: Tampan, terkendali, keren, pengejar mimpi, kepedulian, rasional, dapat dipercaya, mudah beradaptasi dan kreatif.

Ciri-ciri kepribadian negatif: Rumit, rentan, tidak bertanggung jawab, egois, pelupa, tidak kenal ampun, dan kritis.

Tipe O

Orang dengan golongan darah O berani, gemar bergaul dan suka bercanda. Mereka memiliki kebiasaan menetapkan standar tinggi untuk diri mereka sendiri dan melakukan semua yang mereka bisa untuk mencapainya. Orang-orang ini memiliki kualitas kepemimpinan yang sangat baik dan hal-hal kecil tidak mengganggu mereka, yang membuat mereka tampak egois bagi orang lain, terutama tipe A.

Mereka murah hati, baik hati, dan pengasih. Mereka beradaptasi dengan baik dengan perubahan. Mereka tangguh dan fleksibel dan dapat melakukan lebih baik daripada golongan darah lain dalam situasi sulit.

Ciri-ciri kepribadian positif: Kepemimpinan, mudah bergaul, pandangan positif, percaya diri, tenang, ramah, setia, damai, bergairah, mandiri, andal, riang, trendsetter, dan berbakti.

Orang Jepang menyebut orang dengan golongan darah O sebagai pejuang karena mereka kuat dan bisa kerja keras tahan lama. Orang-orang ini jujur dan membenci orang yang menyembunyikan kebenaran.

Ciri-ciri kepribadian negatif: Cemburu, kejam, kasar, tidak tepat waktu, tidak peka, dingin, tidak dapat diprediksi, egois, dan sombong.

Meskipun mungkin terlihat identik, tidak semua darah sama. Perbedaan kecil, tetapi sangat penting dapat ditemukan pada permukaan sel darah merah. Kehadiran, atau tidak adanya, antigen A dan B pada tingkat ini menentukan jenis darah Anda. Antigen membantu mengidentifikasi kepada siapa darah donor Anda dapat ditransfusikan dan jenis darah apa yang dapat Anda terima jika Anda memerlukan transfusi darah. Membedakan darah dengan cara ini penting, karena tanpa itu, pencocokan yang hati-hati untuk memastikan transfusi yang aman tidak akan mungkin terjadi. Proses pencocokan ini sangat penting bagi mereka yang memiliki darah AB +, jenis darah dengan susunan antigen yang sangat spesifik yang jarang muncul dalam populasi A.S.

Jadi apa yang membuat AB + berbeda dari golongan darah lainnya? Darah AB + memiliki antigen A dan B di permukaan sel darah merah, sedangkan golongan darah lainnya (A dan B) hanya memiliki satu, atau tidak memiliki semuanya (kelompok O). Karena kombinasi unik ini, darah AB + donor hanya dapat diberikan kepada orang lain dengan darah AB +. Namun, AB + adalah golongan darah penerima universal, artinya pasien dengan darah AB + dapat menerima darah dari donor dari golongan darah apa pun jika mereka memerlukan transfusi.

Antigen yang hadir dalam AB + juga memainkan peran penting dalam donasi plasma. Sementara darah AB + memiliki antigen A dan B pada sel darah merah, tidak ada antigen yang hadir dalam plasma. Ini menjadikan AB + donor plasma universal, yang berarti bahwa AB + plasma dapat ditransfusikan ke pasien yang memiliki golongan darah ABO lainnya. Golongan darah AB diyakini sebagai golongan darah terbaru. Golongan darah AB adalah hasil dari percampuran antara orang Bule Kaukasia (umumnya kelompok A) dan Asia Mongolia (umumnya kelompok B). Karena alasan ini, golongan darah AB ditemukan dalam persentase rendah di seluruh populasi Eropa, tetapi lebih sering muncul dalam populasi India di bawah benua.

Hanya sekitar 3 persen populasi AS adalah AB +, menjadikan donor darah AB + semakin berharga. Meskipun orang dengan darah AB + dapat menerima dari golongan darah apa pun, selalu lebih disukai untuk menerima darah dari orang dengan golongan darah yang sama. Jika golongan darah Anda AB +, kami harap Anda akan mempertimbangkan untuk memberikan kehidupan kepada komunitas Anda dengan menyumbangkan darah dan / atau plasma sesering mungkin. Anda dapat memberikan sumbangan darah lengkap setiap 56 hari dan sumbangan plasma sesering setiap empat minggu. Anda bahkan dapat menelepon kami di 1-800-366-2834 untuk melihat kapan sumbangan Anda paling dibutuhkan.

Jika Anda bukan AB +, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana golongan darah Anda membantu menyelamatkan nyawa di sini (tautan ke posting blog “Donasi untuk Memenuhi Kebutuhan”). Tidak tahu golongan darah Anda? Kamu masih bisa memberi darah! Saat Anda menyumbang darah, petugas kesehatan pasti akan menguji darah Anda dan memberi tahu Anda jenis Anda sehingga Anda dapat meneliti lebih lanjut tentang siapa yang membantu darah Anda, jenis darah apa yang dapat membantu Anda, dan kapan jenis darah Anda paling dibutuhkan.

Mengetahui golongan darah Anda dan apa yang membuatnya berbeda dari yang lain dapat memberi Anda pemahaman yang lebih besar tentang proses donor darah, proses pencocokan silang darah, dan kebutuhan akan sumbangan darah jenis Anda di komunitas Anda.


Sumber: japantimes, Carter Care & Medic.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here