Saat hari raya banyak godaan untuk berbelanja dikarenakan promosi diskon dan tHR cair atau banyak mendapatkan angpao. Banyak yang ingin menghindari godaan diskon tersebut, tetapi ada yang tidak bisa menahan keinginan tersebut dan akhirnya membeli barang yang hanya sebatas memenuhi keinginan.

Kebutuhan menjelang hari raya memang cenderung meningkat. Wajar, sebab sebagian besar orang menerima tunjangan hari raya (THR) dan hendak menggunakannya untuk memeriahkan hari raya. Bagi yang sudah sering menerima THR, relatif bisa mengelolanya. Namun, berbeda dengan orang yang baru pertama kali menerima THR. Keinginan belanja kerap kali mengalahkan logika. Hingga akhirnya, mereka tergoda dengan diskon dan promosi yang mengalir deras.

Lalu, bagaimana caranya untuk menghindari godaan diskon tersebut?

1. Periksalah lemari, apa yang dibutuhkan?

Pasti kamu akan ingin beli baju atau celana baru, atau bahkan sepatu baru. Coba periksa sekali lagi dan lihat apa betul baju atau celana baru itu sangat dibutuhkan. Bisa saja, THR sangat dibutuhkan untuk memperbaiki rumah, tabungan atau servis kendaraan bermotor.

Kalau tidak butuh , lebih baik kamu menabung. Kalau memang ingin beli baju baru, lebih baik diperuntukkan untuk anak atau saudara sepupu yang masih kecil. Kamu bisa beli baju di lain waktu.

2. Hitung dengan benar

Diskon kerap sekali menggoda, biasanya kata-kata diskon dibalut dengan segala macam trik yang bisa membelokkan logika. Misalnya, diskon 25 persen + 25 persen. Ini tidak sama dengan diskon 50 persen.

Misalnya, harga sebuah kaos Rp 100 ribu jika didiskon 50 persen berarti perhitungannya Rp 100.000 x 50 persen = Rp 50.000. Setelah dikurangi diskon, berarti harga kaos adalah Rp 50.000 (Rp 100.000-Rp 50.000).

Jumlah ini berbeda jika menggunakan diskon 25 persen + 25 persen. Jika kaos dengan harga yang sama menggunakan diskon ini berarti Rp 100.000 x 25 persen = Rp 25.000. Setelah dikurangi diskon menjadi Rp 100.000 – Rp 25.000 = Rp 75.000. Kemudian mendapatkan tambahan diskon lagi sebesar 25 persen menjadi Rp 75.000 x 25 persen = Rp 18.750. Maka, harga kaos itu menjadi Rp 75.000 – Rp 18.750 = Rp 56.250.

3. Bandingkan dengan toko lain

Jika sudah tahu barang yang ingin dibeli, cobalah mencari di banyak toko. Memang barang yang dicari bisa saja berbeda, tetapi jenis produknya bisa saja sama. Cobalah untuk membandingkan dengan toko sejenis untuk mencari harga yang termurah. Bisa saja ada diskon yang lebih menarik.

4. Buat anggaran dari skala prioritas

Jelang hari raya seperti ini, sebaiknya kamu membuat perencanaan anggaran atau setidaknya daftar prioritas. Ini penting terutama bagi yang punya bakat konsumtif. Jadi, kamu bisa tahu barang apa yang benar-benar dibutuhkan. THR bisa disisakan untuk hal yang lebih prioritas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here