Daging adalah salah satu menu yang ada di meja makan. Tetapi tidak jarang daging disimpan dalam kulkas dalam kondisi telah dimasak atau masih mentah.

Nah saat menyimpan daging didalam kulkas atau lemari es, kita harus tetap tahu berapa lama dapan disimpan dalam kulkas. Berikut ini beberapa tipsdari kami untuk menyimpan daging dalam kulkas agar tetap terjaga kualitasnya.

Daging yang Sudah Dimasak

Simpanlah daging ayam atau sapi yang sudah dimasak dan matang di dalam kulkas, tapi lebih baik harus dikonsumsi dalam kurun waktu 5 hari. Jika kamu akan mengkonsimsi kembali sebaiknya daging harus dipanaskan untuk tetap menjaga kualitas daging higienis..

Daging belum matang

1. Daging ayam mentah

Daging ayam bisa bertahan di kulkas selama 2 hari. Jika disimpan di freezer dan ingin dikonsumsi, bisa mengeluarkannya selama beberapa saat. Jika tidak jadi dikonsumsi, bisa menyimpannya kembali di freezer, tapi kualitas rasa dan teksturnya akan menurun.

Sementara itu, untuk panduan waktu penyimpanan daging ayam mentah di freezer adalah:

  • Satu ayam utuh: dapat bertahan di freezer selama 12 bulan.
  • Daging ayam yang sudah dipotong:biasanya bertahan selama 9 bulan.
  • Daging ayam yang telah digiling biasanya bertahan selama: 3 – 4 bulan
  • Organ dalam ayam biasanya bertahan selama: 3-4 bulan di dalam freezer.

Semua bentuk daging ayam dalam kondisi mentah dapat bertahan di dalam freezer.bila freezer dalam kondisi prima dan baik.

2. Daging Sapi Giling Mentah

Jika selama disimpan daging sapi giling berubah warna menjadi agak coklat, bukan berarti dagingnya sudah basi. Tapi, daging sapi giling biasanya tidak dapat bertahan lama jika kondisinya mentah. Mengapa demikian ? Karena saat proses penggilingan daging sangat rawan terkena bakteri.

Untuk daging giling, jika disimpan di kulkas biasa, biasanya hanya bertahan selama 1 – 2 hari. Sementara itu, kalau dibekukan atau disimpan di freezer, daging giling bisa bertahan hingga 3 – 4 bulan.

Daging sapi bisa disimpan di kulkas bawah selama 3 – 5 hari, tapi kalau sudah melebihi dari waktu tersebut, sebaiknya diolah saja sebagai makanan hewan peliharaan atau hewan ternak. Kalau dagingnya disegel vakum, maka biasanya bisa bertahan beberapa hari lebih lama. Jika dibekukan atau disimpan di freezer, daging sapi mentah bisa bertahan hingga beberapa bulan, meskipun kualitas rasa dan teksturnya akan menurun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here