Kebakaran di blok apartemen bertingkat tinggi di Republik Ceko menewaskan 11 orang, termasuk tiga anak-anak dan lima orang lainnya yang melompat ke kematian mereka, kata polisi dan petugas pemadam kebakaran.

Kebakaran pada hari Sabtu terjadi di sebuah blok beton 13 lantai di kota Bohumin di perbatasan Ceko-Polandia, sekitar 300km (190 mil) timur ibukota, Praha.

Polisi mengatakan, api sengaja disulut di gedung milik Balai Kota Bohumin.

“Kami telah menahan satu orang … Saya pikir kami baik-baik saja jika menyangkut pelakunya,” Tomas Kuzel, kepala polisi di wilayah timur laut Ceko, mengatakan kepada publik Czech Television.

Lukas Popp, juru bicara petugas pemadam kebakaran setempat, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa kebakaran terjadi di sebuah apartemen di lantai 11.

“Enam orang tewas di lantai ini, termasuk tiga anak-anak dan tiga orang dewasa – dan seekor anjing,” katanya.

Lima lainnya tewas setelah mereka mencoba melarikan diri dari gedung “dalam kepanikan” dengan melompat dari jendela di lantai 12, Menteri Dalam Negeri Jan Hamacek mengatakan kepada radio publik Ceko.

“Petugas pemadam kebakaran kami berada di lokasi dengan sangat cepat tetapi selama aksi, lima orang melompat dari jendela lantai 12 dan meninggal,” kata Popp.

Hamacek mengatakan dalam cuitannya, seorang petugas pemadam kebakaran menderita cedera serius dalam kebakaran yang dia gambarkan sebagai “tragedi besar”.

“Saya turut berduka cita untuk yang berduka,” katanya. “Saya berharap pemulihan yang cepat untuk petugas pemadam kebakaran yang cedera.”


Source : aljazeera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here