Home Budaya Korea Gaya Hidup Mahasiswa Korea Yang Kuliah Bahkan Merantau di Jepang Bikin Lupa...

Gaya Hidup Mahasiswa Korea Yang Kuliah Bahkan Merantau di Jepang Bikin Lupa Diri

64
0

Saya sudah berinteraksi dengan banyak mahasiswa dari kedua negara ini, Jepang dan Korea, di Universitas saya di Tokyo. Pengalaman saya ini mungkin akan sangat berbeda dengan yang lain karena orang-orang Korea yang sering saya temui adalah mahasiswa; kalau mereka-mereka ini adalah pekerja kantoran atau pekerja blue-collar mungkin akan berbeda ya?
But anyway here it is:

  • Dibandingkan mahasiswa-mahasiswa Korea, mahasiswa dari Jepang terbilang lebih pendiam meskipun saya lihat keduanya adalah pekerja keras dan sama-sama over-achiever. Mahasiswa dari Korea akan lebih berani untuk mengutarakan pendapat sedangkan mahasiswa dari Jepang cenderung akan lebih pendiam.

  • Kebanyakan mahasiswa Korea yang laki-laki badannya tegap dan bagus karena mereka pernah wajib militer (dan hal wamil ini juga yang membuat rata-rata mahasiswa Korea lebih tua; saya punya kouhai dari Korea dia sudah umur 21 tapi baru saja mulai S1 gara-gara dia baru selesai wamil).

  • Kebanyakan mahasiswa Korea yang perempuan cakep-cakep dan banyak banget yang kelihatannya mereka dulu pernah jadi anggota K-Pop.

  • Banyak mahasiswa Korea yang sebenernya eneg tinggal di Korea. Mungkin karena iklim profesional di Korea sangat-sangat kompetitif ya? Banyak sekali mahasiswa Korea di Jepang yang kemudian mencari kerja di Jepang setelah lulus kuliah.

  • Karena saya sudah sering sekali punya teman kuliah dari Jepang dan Korea, saya jadi bisa membedakan mana mahasiswa dari Jepang dan mana mahasiswa dari Korea. Kebanyakan mahasiswa-mahasiswa dari Korea sangat stylish dan cara berpakaian mereka seleranya bagus sekali; mungkin hanya mahasiswa dari Taiwan yang bisa menyaingi ke-stylish-an mahasiswa-mahasiswa dari Korea. Mahasiswa Jepang cara berpakaiannya lebih casual tapi rapi. Mungkin ini budaya juga karena selama ini saya lihat orang-orang Jepang itu sangat anti akan pamer dan terlihat mencolok (Kalo kalian pernah lihat film Fast and Furious Tokyo Drift, si bapak yang anggota militer di Jepang pernah bilang, ‘the nail that sticks out gets hammered’ itu bener dan kerasa banget di Jepang).

    Tambahan: yang paling (maaf) norak dari cara berpakaian adalah mahasiswa dari Cina daratan.

  • Salah satu senpai saya, mahasiswa Doktor dari Korea, bilang kalau setelah 4 tahun tinggal di Tokyo, budaya Korea bagi dia menjadi asing. Dia bilang orang-orang Korea di Korea sangat agresif dan kadang-kadang tidak tahu tata krama; saya kaget senpai saya bilang seperti ini padahal dia sendiri orang Korea.

  • Senpai saya yang satu lagi, laki-laki, bilang kalau selama pengalaman dia pacaran, dia lebih prefer pacaran sama perempuan Jepang daripada sama perempuan Korea. Saya terus melongo padahal dia sendiri orang Korea haha… setelah saya tanya lebih lanjut kenapa alasan dia bilang begitu, senpai saya bilang “kalau pacaran sama cewek Korea, ga lama duit gue pasti langsung habis” haha terus kita berdua ngakak (saya ngakak sambil senyum kecut…)

Source: Turin Airlangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here