Home Budaya JEPANG Disiplin Orang Jepang Yang Harus Dicontoh Orang Indonesia

Disiplin Orang Jepang Yang Harus Dicontoh Orang Indonesia

132
0

Perbuatan terpuji yang dilakukan Jepang ini tentu menuai banyak pujian. Kebiasaan ini patut menjadi panutan kita. Seluruh dunia sudah pasti tahu bahwa orang Jepang sangat dikenal dengan etika baik dan sikap disiplin. Simak kebiasaan unik masyarakat Jepang lain yang bisa kita contoh berikut ini.

1. Budayakan antre
Budaya antre sudah mendarah daging di Jepang. Kebiasaan masyarakat Jepang untuk mengantre sudah diajarkan sejak usia dini. Anak-anak diajarkan dan dilatih tiga hal dasar, yakni kedisiplinan, rasa hormat, dan kerja sama. Walaupun harus mengantre berjam-jam untuk bisa naik kereta, makan di restoran, sampai membeli barang yang sedang dijual tiap waktu tertentu, masyarakat Jepang tetap sabar menunggu hingga gilirannya tiba.

2. Menggosok gigi setelah makan
Pola hidup orang Jepang sangat memperhatikan kebersihan dan kerapian. Mereka terbiasa menggosok gigi setelah makan. Kebanyakan orang Jepang menganggap bau mulut dan badan bau adalah hal yang sangat mengganggu. Selain mengganggu, hal tersebut juga dianggap tidak etis.

3. Menggunakan masker
Kebanyakan orang Jepang menutupi mulut dan hidungnya saat berada di luar rumah. Alasan utamanya adalah agar terhindar dari virus penyakit, seperti flu, dan alergi lain. Kadang pula, orang yang sedang mengalami flu memakai masker supaya penyakitnya tidak menyerang ke orang lain.

4. Semua tepat waktu
Masyarakat Jepang sangat memperhitungkan waktu. Tidak hanya masyarakatnya, hal yang sama juga berlaku untuk transportasi, seperti jadwal kedatangan kereta atau bus, jadwal buka toko, serta jadwal masuk kerja dan sekolah. Jika tidak ada halangan atau kecelakaan parah, kereta dan bus di Jepang pasti selalu datang sesuai dengan jadwal. Jika tiba-tiba kereta terlambat, pasti selalu diumumkan berapa lama waktu keterlambatan. Begitu juga dengan bus, jadwal keberangkatan atau kedatangan serta informasi yang menunjukkan posisi bus juga bisa diketahui melalui aplikasi di telepon pintar.

source: Bussines Insider, WOW Japan


 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here