Cuaca di negara tropis seperti di Indonesia ini memang membuat banyak orang jadi suka banget sama yang namanya minuman dingin. Nah, yang paling mudah didapat adalah air es.

Air putih dingin yang ditambahkan es batu memang terasa menyegarkan saat mengalir ke dalam tenggorokan meskipun tanpa campuran yang lainnya.

Kabarnya, air es menjadi salah satu pantangan bagi orang yang sedang hamil tua.

Wah, Gimana nih? Apakah ini mitos atau fakta ? Berbahayakah ?

Di bawah ini kami dari Indonesiar.com memberikan beberapa informasi penting mengenai konsumsi air es bagi ibu hamil.

Kenapa Ada Anggapan Ibu Hamil Tua Pantang Minum Es?

Pantangan minum air es bagi ibu hamil ini dahulu muncul karena masyarakat awam khawatir janin akan terlalu besar dan mengembang karena efek air dingin. Sehingga ditakutkan akan sulit dilahirkan kalau ukurannya terlalu besar.

Orang banyak yang beranggapan kalau rahim sebagai tempat janin akan mengalirkan apa saja yang ibu hamil makan dan minum.

Itu sebabnya, mereka mengira minuman dingin yang masuk dalam perut Ibu hamil bisa membuat si Kecil kaget dan bisa memengaruhi perkembangan janin. Ada juga sebagian yang bilang kalau kebanyakan minum air es bisa membuat plasenta terlepas dan tidak tersambung dengan janin.

Fakta Minun Air Es bagi Ibu Hamil Tua

Apa yang tadi disebutkan di atas adalah mitos kehamilan.

Kalau begitu seperti apa fakta tentang minum air es bagi ibu hamil?

Air es katanya bisa membuat janin mengembang, ini hanya mitos.

Faktanya, bukan air es yang membuat si Kecil jadi berukuran besar, melainkan susu kental manis, sirup, dan pemanis lainnya yang dilarutkan bersama air es yang menyumbang banyak pengaruh. Apa lagi kalau sering dikonsumsi ibu hamil.

Jadi, kalau kamu hanya meminum air mineral dingin atau air putih yang dicampur es maka itu tidak jadi masalah.

Membuat air es ditambah sirup bisa membuat berat dan kadar gula darah janin rentan meningkat. Ini bisa meningkatkan risiko obesitas ketika si Kecil lahir. 

Mitos dan Fakta Minum Air Es Membuat Ibu Hamil Diare

Mama harus tahu kalau mengkonsumsi air es tidak ada kaitannya dengan masalah pencernaan saat kehamilan.

Faktanya adalah jika es batu yang dimasukan ke dalam air minum telah terkontaminasi bakteri atau kotoran maka ini jadi berisiko ibu hamil mengalami diare. Selain itu, buah yang terlalu asam atau sudah tidak baik kualitasnya yang diminum bersama es batu juga mungkin bisa menyebabkan sakit perut bagi ibu hamil.

Maka itu jangan jajan sembarangan. Kalau mau minum air es buatlah es batu sendiri di rumah yang kebersihannya sudah terjamin.

Pastinya es batu buatan sendiri dibuat menggunakan air matang.

Minum Air Es Membuat Ibu Hamil Sakit Kepala dan Flu

Jangankan ibu hamil, orang lain yang sedang tidak hamil kalau minum es saat sedang kurang fit juga bisa flu dan merasakan sakit kepala.

Kalau sudah terasa kurang enak tenggorokannya, sebaiknya jangan minum air es tetapi minumlah air hangat.

Setelah beraktivitas di bawah terik matahari, Mama juga sebaiknya tidak langsung mengonsumsi minuman dingin agar tubuh beradaptasi terlebih dulu dengan suhu di ruangan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan?

Itulah fakta tentang keamanan minum air es saat ibu hamil tua. Nggak ada yang salah, jika air es yang dikonsumsi higienis dan tidak berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here