Sejak zaman dahulu telah ada praktek poligami di dunia. Apa poligami itu? Poligami merupakan keadaan seorang lelaki yang memiliki istri lebih dari satu. Benarkah poligami merugikan pihak perempuan? Meskipun praktek poligami mendapatkan pro dan kontra tetapi poligami adalah hal yang baik daripada menjalin hubungan yang tidak resmi seperti perselingkuhan.

Banyak hal yang bisa dibahas dengan isu poligami. Dan yang paling sering berkembang di masyarakat sampai sekarang bahwa orang yang paling dirugikan jika poligami harus terjadi adalah seorang wanita.

Berikut beberapa manfaat poligami bagi wanita :

1. Lebih punya banyak waktu dan kesempatan besar untuk menuntut ilmu.

Sebagai seorang istri yang dipoligami tentu akan lebih banyak waktu untuk menuntut ilmu dan mengurus diri dan rumahnya dengan baik saat suami sedang ada dirumah istrinya yang lain.

2. Istri menjadi lebih terpacu untuk melakukan yang terbaik untuk suami.

Perempuan menganggap bahwa perempuan lainnya adalah musuhnya, termasuk juga istri kedua atau istri-istri yang lainnya adalah saingan dan musuhnya. Untuk mendapatkan perhatian lebih tentu wanita akan lebih terpacu untuk melakukan yang terbaik untuk suaminya.

3. Meringankan beban dan tanggungjawab kesehariannya mengurus rumah tangga karena bisa membaginya dengan istri lainnya

Istri yang dipoligami akan lebih ringan tugas dan kewajibannya dalam mengurus rumah tangga dan suaminya karena bisa membaginya dengan istri lain. Dia lebih bisa punya banyak waktu untuk mengurusi dan memanjakan dirinya saat suami sedang bersama dengan istri laiinya.

4. Membuka peluang bagi wanita untuk dapat mengembangkan dirinya sendiri

Jika selama ini waktu habis untuk melayani suami dan melakukan semua tugas rumah tangga sendiri, dan masih juga disibukkan dengan karir dan pekerjaan. Saat suami berpoligami tentu sebagai istri akan lebih punya banyak peluang untuk mengembangkan diri sendiri.

5. Menjaga kehormatan dan harga diri sebagai wanita

Daripada menjadi wanita simpanan oleh pria beristri, lebih baik menjadi seorang istri yang sah meskipun suami memiliki istri lebih dari satu. Hidup juga akan lebih terjamin dengan status pernikahan yang sah di mata hukum negara dan agama.

6. Terhindar dari penyakit menular seksual

Daripada membiarkan suami terus melakukan hubungan ilegal dengan berselingkuh atau zinah lebih baik izinkan suami bila punya niat baik untuk berpoligami.

Jadi, poligami adalah solusi yang tepat daripada perceraian dan hubungan ilegal dengan banyak wanita.

Dengan poligami nasib wanita juga lebih jelas daripada wanita yang hanya mau dijadikan simpanan tanpa kejelasan status dan jaminan ekonomi yang seharusnya bisa didapatkan dengan ikatan pernikahan yang legal.

Tetap saja sebagai seorang pria yang punya niat berpoligami atau sedang dalam ikatan poligami harus punya kemampuan khusus untuk mengatur dan mengarahkan setiap istri. Poligami yang baik harus bisa membuat para istri dan keluarga rukun, saling pengertian, menghargai dan membahagiakan satu sama lain. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here