Primbon Jodoh dalam budaya jawa sangat erat kaitannya dengan perhitungan weton jawa.

Weton sendiri sering digunakan oleh masyarakat jawa sebagai pertimbangan untuk memutuskan sesuatu, termasuk kecocokan jodoh.

Jadi, bagaimana cara menntukan jodoh yang terbak berdasarkan dalam primbon? Berikut kami berikan penjelasannya. Dibaca dan disimak ya!.

Cek Kecocokan Jodoh

Kecocokan jodoh dalam tradisi jawa bisa di hitung dengan mengetahui weton dari kedua pasangan.

Karena weton sendiri mengandung watak dari seseorang.

Cara Menghitung Kecocokan Jodoh berdasarkan Weton

Ada berberapa versi perhitungan kecocokan jodoh, namun disini kita hanya menggunakan salah satu versi saja.

Pertama, anda harus mengetahui neptu pria dan wanitanya.

Misal, si Pria lahir pada 11 Januari 1997, maka wetonnya adalah Sabtu Legi dengan neptu 14.

dan si Wanita lahir pada 1 Januari 1997, maka wetonnya adalah Rabu Legi dengan neptu 12.

Jika dijumlahkan, maka Neptu pasangan ini adalah 26.

Dalam primbon jawa, neptu pria akan lebih baik jika lebih tinggi daripada wanitanya.

Neptu 26 adalah salah satu angka pada primbon “Ratu”. Artinya:

“Pasangan ini memang sudah jodohnya, keluarganya akan sangat disegani dan dihargai oleh para tetangga maupun masyarakat disekitar. Karena harmonisnya rumah tangga, tidak sedikit orang yang iri hati”

Lebih lengkap, anda bisa lihat daftar primbon jodoh di bawah ini.

Penjelasan Penjumlahan Neptu

1. Pegat (1, 9, 17, 25, 33)

Hasil Pegat, menurut perhitungan nya, kemungkinan pasangan ini akan banyak mendapatkan permasalah dikemudian hari, bisa saja permasalah ekonomi, kekuasaan, atau perselingkuhan yang bisa menyebabkan pasangan ini bercerai.

2. Ratu (2, 10, 18, 26, 34)

Hasil Ratu, menurut perhitungan nya, pasangan dengan hasil Ratu dapat dikatakan bahwa pasangan ini memang jodohnya. Didalam keluarganya nanti akan sangat disegani dan dihargai oleh tetangga ataupun masyarakat disekitarnya. Tidak sedikit orang yang iri karena keharmonisan dalam membina rumah tangga.

3. Jodoh (3, 11, 19, 27, 35)

Hasil Jodoh, menurut perhitungan pasangan ini memang sudah cocok dan berjodoh. Keduanya dapat saling menerima baik kekurangan ataupun kelebihan pasangannya. Rumah tangganya akan rukun sampai hari tua nanti.

4. Topo (4, 12, 20, 28, 36)

Hasil Topo, menurut perhitungan nya, diawal membangun rumah tangga akan mengalami kesusahan, akan tetapi menjadi bahagia di akhir nanti. Kesusahan itu bisa saja disebabkan oleh masalah ekonomi atau masalah lainnya. Kehidupan rumah tangga pasangan ini bahagia dan sukses ketika mereka memiliki anak dan cukup lama berumah tangga.

5. Tinari (5, 13, 21, 29)

Hasil Tinari, menurut perhitungan nya, pasangan ini akan mendapatkan kebahagiaan kelak nanti, selain itu pasangan ini akan dimudahkan dalam mencari rezeki dan sering mendapatkan keberuntungan.

6. Padu (6, 14, 22, 30)

Hasil Padu, menurut perhitungan nya, pasangan ini kelak dalam berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran namun tidak sampai ke ranah perceraian. Masalah-masalah yang timbul dikarenakan masalah yang bersifat sepele.

7. Sujanan (7, 15, 23, 31)

Hasil Sujanan, menurut perhitungan nya, dalam membangun rumah tangganya nanti akan sering mengalami sebuah pertengkaran yang bisa saja dikarenakan oleh masalah perselingkuhan baik itu oleh sang pria atau wanitanya.

8. Pesthi (8, 16, 24, 32)

Hasil Sujanan, menurut perhitungan nya, rumah tangga pasangan ini kelak akan selalu sakinah, mawaddah dan warohmah hingga tua nanti, meskipun ada sedikit masalah tidak akan sampai merusak keharmonisan keluarga pasangan ini.

Itu lah penjelasan cara perhitungan weton jodoh berdasarkan weton, dengan adanya primbon ini, semoga bisa memantapkan hati anda terhadap pasangan anda.

Namun, takdir dan jodoh itu tentunya hanyalah terjadi atas izin dari Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here