Batam, Indonesiar.com: Seorang emaja berusia 16 tahun lebih terkonfirmasi positif Covid-19. Pelajar ini kontak dekat sebelumnya dengan sang ibu yang sudah sembuh yakni pasien 22, ANS di klaster Dinas Pemberdayaan Perempuan Kota Batam.

“Pelajar ini beralamat di kawasan perumahan Batamcentre merupakan kasus baru Covid-19 kasus 36. Kami jelaskan bahwa yang bersangkutan adalah anak kandung dari pasien 22 yang berasal dari klaster kantor ASN Pemberdayaan Perempuan dan saat ini telah sembuh,” jelas Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 sekligus Wali Kota Batam HM Rudi melalui rilisnya, Selasa (5/5) malam.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam di beberapa rumah sakit di Kota Batam. Berdasarkan hasil screning dan tracing closes contact dari sejumlah kasus klaster dan kasus baru yang ditemukan pada pasien dalam perawatan rumah sakit.

Rudi menjelaskan, sesuai hasil tracing yang dilakukan oleh Tim Surveilans dan Epiodemiologi Dinkes Batam. Di mana, 16 April lalu yang bersangkutan dilakukan RDT bersama ayah dan dua orang saudaranya yang lain. Hasilnya disimpulkan reaktif.

“Sementara ayah dan dua saudaranya dinyatakan non reaktif. Selanjutnya 1 Mei kemarin, mereka semua juga dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan. Hasilnya baru diterima pada hari ini. Yang bersangkutan dinyatakan positif. Sedangkan ayah dan seorang saudaranya negatif,” jelas Rudi.

Selain satu orang saudaranya yang lain masih dalam proses pemeriksaan laboratorium. Saat ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan baik dan stabil. Dan dilakukan perawatan di ruang isolasi RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, saat ini tim survelans sedang melakukan proses contact tracing. Terus melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap semua orang yang berkontak dengan yang
bersangkutan.

Dalam kesempatan Rudi kembali berpesan agar seluruh masyarakat Batam untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah. Dengan menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah. Namun, jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan. Dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here