Penggunaan Shampo pada rambut tentu pernah mengalami sejarah panjang dalam perkembangannya. Sejarah panjang manusia menemukan dan menggunakan shampoo rambut setidaknya berusia seribu tahun, kita telah melakukannya selama kita memiliki rambut untuk dicuci.

Lantas, bagaimana sejarah dan asal usul penemuan shampoo rammbut? Berikut beberapa sejarah asal usul penemuan Shampoo yang telah indonesiar.com rangkumsebagai berikut:

  • India, 1762

India dan budaya literalnya yang kaya sangat penting dalam menciptakan istilah ‘sampo’. Ternyata kata tersebut masuk ke dalam bahasa Inggris dari anak benua India pada masa penjajahan. Ini berasal dari kata Hindi ‘champo’, yang berasal dari kata Sansekerta ‘chapapati’ yang berarti ‘menenangkan’. Fakta menyenangkan, ya? Secara kebetulan, orang-orang di anak benua India mulai menggunakan berbagai ekstrak Ayurveda untuk membilas rambut mereka sejak dini. Sampo efektif paling awal dibuat dengan merebus Sapindus atau soapberry dengan gooseberry India atau Amla kering dan menggunakan ekstrak yang disaring. Sekarang Anda tahu mengapa para ibu sangat menganjurkan penggunaan pembersih rambut alami seperti Shikakai dan Ritha.

  • Inggris, 1814

Saat itulah Sake Dean Mahomed, seorang pengelana dan pengusaha Bengali dari India memperkenalkan praktik ‘champooi’ atau ‘shampooing’ di Inggris. Bersama istri Irlandia-nya, ia membuka pemandian pijat shampo komersial pertama di Brighton. Surat kabar lokal menggambarkannya sebagai ‘obat untuk semua penyakit’ dan kami agak setuju akan hal itu. Tidak masalah bahwa pijat terapeutik, diikuti pencucian yang baik, tidak dapat memperbaikinya. Posting ini, penata rambut Inggris merebus serutan sabun dalam air, menambahkan ramuan harum, dan menggunakan ramuan ini untuk mencuci kunci. Pada awal 1900-an, orang mulai menggunakan sabun batangan biasa untuk mencuci rambut mereka. Namun, surfaktan hadir dalam untaian yang dilapisi sabun dengan film kusam dan tampak tidak sehat yang akhirnya menjadi perhatian.

  • Jerman, 1903

Pertama kali wanita tidak perlu mengaduk ‘kotoran’ mereka sendiri. Kimiawan Berlin Hans Schwarzkopf menemukan Schaumpon, bubuk beraroma ungu yang tersedia di toko obat Jerman. Maju cepat 25 tahun, ia memperkenalkan Eropa pada botol sampo cair pertama. Pada 1970-an, iklan yang menampilkan ikon rambut seperti Farrah Fawcett dan Christie Brinkley mulai beredar, menyatakan bahwa tidak sehat untuk tidak keramas rambut Anda beberapa kali seminggu. Dan begitu saja, perusahaan kosmetik mengeluarkan air liur, dan industri multi-juta dolar lahir.

  • Perancis, 2000

Tidaklah adil untuk membicarakan sampo dan tidak menyelinap sedikit pun tentang bagaimana kondisioner menjadi kondisioner. Lucunya, conditioner datang ke dalam hidup kita karena pria membutuhkannya! Lihatlah bagaimana mereka sekarang tersentak memikirkan menghabiskan satu menit lagi di kamar mandi menggunakan kondisioner rambut. Pada akhir abad ke-20, pembuat parfum Edouard Pinaud menghadirkan produk yang disebut Brilliantine yang ditujukan untuk melembutkan jenggot dan kumis. Namun, tidak butuh waktu lebih lama bagi para wanita untuk menyadari bahwa formula itu bekerja dengan baik pada surai mereka yang kusam dan kasar. Bukankah kita celana pintar sejak dulu?

  • Sampo Kering: Sampo RenaissanceDry

mungkin tampak seperti amukan baru-baru ini, tetapi Anda tidak berpikir pendahulu kita begitu bodoh, bukan? Melihat dari kacamata dunia, ada bukti bahwa orang Asia telah menggunakan bubuk tanah liat sebagai alat pembersih rambut di akhir abad ke-15. Amerika Serikat mengikuti tren di akhir 1700-an ketika mereka mulai menggunakan kotoran kucing dan tanah yang lebih penuh untuk menghilangkan bau wig. Astaga! Meskipun Minipoo adalah botol minuman tanpa air pertama yang dijual pada tahun 1940, sebuah iklan yang menampilkan Lesly Larson membuat sampo kering menjadi bagian dari budaya arus utama di akhir 1960-an. Apa yang dimulai sebagai cara putus asa bagi ibu rumah tangga yang sibuk untuk membersihkan surai mereka kini telah menjadi sinonim untuk kenyamanan, konservasi air, dan pelestarian warna rambut.Jadi, merawat rambut tentu merupakan hal yang penting demi menjaga kesehatan. Ayo, dapatkan informasi menarik lainnya dari indonesiar.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here