Pernahkah anda bertanya mengenai hubungan korea dengan China di masa lampau? Kenapa orang Korea Memiliki Nama Marga identik dengan Nama Marga orang China? Bagaimana asal usus orang Korea? Berdasarkan catatan silsilah resmi (족보 族譜 – Jokbo) dari marga Korea tertentu, mungkin ada beberapa marga yang merupakan keturunan dari kaisar Tiongkok, cendekiawan terkenal, pejabat, dan filsuf yang tinggal di Korea.

Berdasarkan penelitian ilmiah dan tes DNA baru-baru ini, sebagian besar “klaim” oleh marga Korea yang diduga berasal dari tokoh-tokoh Tiongkok yang terkenal secara historis mungkin salah.

Selama kerajaan Goryeo (abad 10 hingga 14) dan Joson (abad 14 sampai 20), kaum bangsawan Korea (kurang dari sepersepuluh masyarakat Korea) meniru peradaban dan Konfusianisme Tiongkok dan mulai mengadopsi nama keluarga Tionghoa. Ratusan marga bahkan mengklaim bahwa mereka sebenarnya adalah keturunan dari tokoh-tokoh sejarah Tiongkok yang terkenal dan mereka bermigrasi ke Korea selama masa perang dan kekacauan politik.

Contohnya:

1. Marga Hamyang Yeo (咸陽呂氏) -Menurut mereka, ayah asli Qin Shihuangdi adalah Lu Buwei (呂不韋), perdana menterinya. Mereka mengatakan salah satu keturunan putra Qin Shihuang Di bermigrasi ke Korea.

Yeo Unhyong, aktivis politik Korea. Mungkin anggota marga Yeo yang paling terkenal.

2. Marga Gangneung Yoo (江陵劉氏) – Menurut klaim mereka, leluhur mereka adalah keturunan Han Gaozu Liu Bang, yang telah bermigrasi ke Korea pada zaman kuno.

Politikus Korea, Yoo Seungmin, milik marga Gangneung Yoo. Bahkan ada artikel berita yang mengatakan bahwa beliau merupakan keturunan dari Han Gaozu. Tapi beliau sendiri tidak mengklaim itu.

3. Marga Gokbu Gong (曲阜孔氏) – Menurut klaim mereka, nenek moyang mereka, yang telah bermigrasi ke Korea pada zaman kuno, adalah keturunan keluarga Kong Konfusius.

Gong Sungjin – seorang politikus Korea dari marga Gokbu Gong – keturunan Konfusius?

4. Marga Shinchang Maeng (新昌孟氏), mengklaim bahwa mereka adalah keturunan dari Mencius, yang datang ke Korea pada zaman kuno.

Maeng Sasong, mungkin anggota marga Maeng yang paling terkenal, adalah salah satu perdana menteri yang terkenal pada zaman Raja Sejong yang agung.

5. Marga Yangsong Lee (陽城李氏), mengklaim keturunan dari pejabat Tiongkok bernama Lee Sookwang (李秀 匡), yang diduga bermigrasi ke Korea selama Dinasti Song (periode Goryeo di Korea).

Lee Youngae, seorang aktris Korea yang terkenal, adalah keturunan ke-28 dari marga Yangsong Lee. Tetapi tidak ada catatan lain yang menghubungkan leluhur pertama dengan Lee Sookwang.

Ada juga marga Lee Korea dari Yeonan (延安 李氏: Yeonan berada di Hwanghaedo, Korea Utara), yang mengklaim keturunan dari marga Li, keluarga dinasti Tang dan leluhur mereka diduga bermigrasi ke Korea selama Periode Silla (akhir abad ke-7 M).

6. Marga Yeohung Min (驪興閔氏), mengklaim keturunan dari Min Chingdo (閔稱道), yang seharusnya adalah keturunan Min Ziqian (閔子騫), salah satu murid Konfusius. Keluarga Min sangat terkenal selama kerajaan Joson, menghasilkan tiga ratu dan banyak pejabat tinggi. Itu disebut salah satu dari lima marga terkemuka kerajaan Joson.

Permaisuri Myeongsung Joson yang terkenal, milik marga Yeohung Min.

7. Marga Gwangju Roh (光州盧氏), mengklaim keturunan dari seorang pejabat dinasti Tang, yang telah bermigrasi ke Korea pada zaman kuno. Keluarga Roh sangat terkenal di Korea Selatan, karena marga mereka menghasilkan dua Presiden dan dua perdana menteri. Presiden Roh Taewoo milik marga Gyoha Roh (交河盧氏). Tetapi menurut catatan marga, leluhur marga Gyoha Roh adalah putra bungsu dari pendiri marga Gwangju Roh.

Almarhum Presiden Korea, Roh Moohyun, merupakan orang yang bermarga Gwangju Roh.

8. Marga Cheonghae Lee (青海李氏), mengklaim keturunan dari pendekar dinasti Song dan pahlawan terkenal Yue Fei melalui putranya Yue Ting (岳霆). Nenek moyang langsung Cheonghae Lee adalah seorang pejuang Jurchen bernama Lee Jiran (李之蘭), nama asli Tong Duran atau Turan Timur. Dia adalah saudara lelaki Lee Sunggye, pendiri Lee Joson pada tahun 1392. Dengan demikian, dia menerima marga Lee. Jadi bagaimana Chonghae Lee mengklaim Yue Fei sebagai nenek moyang mereka? Karena ada legenda bahwa Yue Fei adalah leluhur Lee Jiran.

Anggota Korea dari marga Chonghae Lee menghadiri ulang tahun kelahiran 910 Yue Fei di Tangyin (汤阴), provinsi Henan, Tiongkok, 2013.

Dan banyak lainnya, tetapi saya (penulis asli) hanya memasukkan beberapa marga yang lebih terkenal.

Sekarang, apa pendapat Anda tentang informasi yang saya (penulis asli) berikan kepada Anda? Jika Anda menggelengkan kepala dalam skeptisisme, Anda merasakan apa yang saya (penulis asli) rasakan.

Catatan, semua klaim ini hanya “sekadar klaim”. Sebagian besar catatan leluhur marga-marga ini tidak memiliki bukti yang kuat dari sumber pihak ketiga lainnya. Dan hal yang menarik adalah bahwa catatan geneaologi berhenti pada nenek moyang dan putra langsung mereka dan dilanjutkan pada akhir periode Goryeo (abad 13-14 M). Selain keluarga kerajaan Silla dan Goryeo dan kelas atas, orang Korea mulai memiliki nama keluarga pada masa kerajaan Goryeo. Bahkan itu pun diturunkan ke tingkat atas. Dan catatan geneaologi biasanya dimulai pada akhir kerajaan Goryeo juga.

Selain itu, pada akhir kerajaan Joson (setelah abad ke-16), banyak rakyat jelata (90 persen masyarakat lainnya) mengadopsi nama marga dan memalsukan genaologi untuk dimasukkan dalam marga termasyhur yang memerintah kerajaan Joson.

Studi YDNA baru-baru ini dilakukan terhadap beberapa marga Korea yang terkenal, Gyongju Kim (keluarga kerajaan Silla), Junju Lee (keluarga kerajaan Joson), dll. Menunjukkan bahwa marga yang sama menghasilkan banyak haplogroup YDNA yang berbeda. Jadi ini membuat silsilah marga-marga Korea semakin rumit.

Saat ini, akademisi genaologi Korea yang paling dihormati meragukan klaim “migran” yang terkenal dari teori Tiongkok. Mereka mengaitkan ini dengan Sinofilia yang lazim selama periode akhir Goryeo dan Joson. Anehnya, sebagian besar “leluhur Tiongkok” asli marga ini tidak muncul dalam catatan marga sampai selama era Joson, ketika Sinofilia mencapai puncak di antara bangsawan Joson Yangban.

Banyak anak muda Korea sekarang lebih cenderung percaya bahwa sejarah kuno Korea harus dipisahkan dari sejarah pengaruh Sinosentris yang diwariskan oleh para pejabat era Joson mereka. Klaim oleh beberapa marga Korea berasal dari banyak tokoh terkenal dalam sejarah Tiongkok mungkin kurang berarti bagi mereka. Saya (penulis asli) akan terkejut jika ada generasi muda Korea berpikir bahwa klaim ini ternyata benar.

Dari delapan contoh marga yang disajikan di atas, hanya leluhur Jurchen dari marga Chonghae Lee, Lee Jiran, yang merupakan tokoh sejarah nyata, yang diverifikasi oleh banyak catatan. Tapi klaim marga mereka bahwa mereka turun dari Yue Fei kemungkinan besar hanyalah fiktif belaka.

Jelas ada marga Korea, yang sebenarnya adalah keturunan dari migran Tionghoa ke Korea. Beberapa dari mereka diverifikasi oleh banyak dokumen yang menguatkan, seperti marga Pyon; yang leluhurnya adalah perwira Ming, yang datang ke Korea selama Invasi Jepang tahun 1592 dan menetap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here