Pernahkan kalian pusing pusing ketika tidak sengaja menghirup obat nyamuk yang kamu bakar atau menyemprotkan baygon atau obat nyamuk semprot? Pernahkah kamu mendengar bahwa meminum cairan obat nyamuk tersebut bisa menyebabkan kematian?

 Pada dasarnya, semua obat nyamuk adalah racun dan tidak ada racun yang benar benar aman.  Baygon sendiri mengandung dua racun utama yaitu propoxur dan transfluthrin.  Propoxur adalah senyawa karbamat yang bisa menyebabkan kerusakan syaraf seperti kasus Bhopal di India.  Di luar negeri, zat ini dikenal sebagai zat karsinogenik.  Sejauh ini transfluthrin dianggap lebih aman, tapi bukan berarti boleh diminum.   Bahkan tanpa diminum pun, kita harus meninggalkan ruangan selama kira-kira 1 jam setelah penyemprotan karena efeknya bagi tubuh bisa menyebabkan organ-organ tubuh melemah.

Tapi Jika Kamu Meminum Baygon atau cairan sejenisnya maka kamu akan Keracunan organofosfat atau keracunan Obat Nyamuk karena secara tidak langsung juga menghirup, atau meminum cairan organofosfat.

Organofosfat adalah salah satu jenis insektisida. Dosis tinggi dari organofosfat dapat membahayakan nyawa manusia dan hewan. Keracunan ini terjadi ketika anda terpapar terlalu banyak, terlalu lama dan dalam kadar yang tinggi.

Organofosfat dicirikan sebagai cairan yang berubah warna menjadi coklat pada suhu ruangan. Beberapa cairan bahkan memiliki bau seperti buah-buahan. Sehingga sangat sulit dibedakan terutama bagi anak-anak.

Peneliti mengatakan bahwa sekitar lebih dari 24 juta petani mengalami keracunan organofosfat setiap tahunnya setidaknya satu episode. Episode keracunan lebih sering terlihat pada area yang memiliki tingkat keamanan yang rendah. Penggunaan ini sebagai senjata pun relatif jarang meskipun dapat dilakukan. Beberapa kali serangan di jepang menunjukkan penggunaan organofosfat sebagai senjata biologis.

source: cnn,wiki,allo


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here