Dalam mempelajari pelajaran Pendidikan Agama Buddha tentu anda pernah mendengar istilah Dukkha. Nah, Apa yang dimaksud dengan Dukkha? Dukkha dalam bahasa Sanskrit Pali disebut dengan sebutan Duhkha atau duka yang berarti penderitaan. Dalam pemikiran Buddhis, sifat sejati dari semua keberadaan.

Banyak doktrin Buddhis didasarkan pada fakta penderitaan; realitas, sebab, dan cara penindasannya menjadi pokok dari khotbah pertama Sang Buddha (lihat Empat Kebenaran Mulia). Pengakuan fakta penderitaan sebagai salah satu dari tiga karakteristik dasar keberadaan bersama dengan ketidakkekalan (anichcha) dan tidak adanya diri (anatta) yang menjadikan “pengetahuan yang benar”.

Ada tiga jenis penderitaan yang dibedakan: masing-masing akibat dari rasa sakit, seperti usia tua, penyakit, dan kematian; dari kesenangan berubah menjadi rasa sakit; dan dari fakta bahwa, karena ketidakkekalan, makhluk-makhluk rentan terhadap rasa sakit di saat berikutnya.ayo, dapatkan informasi menarik lainnya dari indonesiar.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here