Myanmar merupakan salah satu negara anggota ASEAN. Negara tersebut merupakan negara yang berbatasan dengan negara India, Bangladesh, China dan Thailand. Myanmar merupakan negara yang dikenal dengan sebutan negara Tanah Pagoda Emas, negara Myanmar memiliki beberapa halyang menarik sebagai berikut:

1. ORANG

Aung San Suu Kyi pasti orang paling terkenal di Myanmar. Lahir pada tahun 1945, dia adalah putri dari Perdana Menteri Myanmar secara de facto dan pendiri angkatan bersenjata modern Jenderal Aung San, yang dibunuh pada tahun 1947. Dia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1991. Suu Kyi adalah pemimpin Liga Nasional untuk Partai Demokrasi yang berkuasa dalam pemilihan demokratis negara itu pada tahun 2015; yang pertama dalam 50 tahun. Meskipun sebenarnya tidak diizinkan menjadi Presiden (dengan keputusan rezim militer sebelumnya) ia memegang pemerintahan Presiden Htin Kyaw yang ditunjuk.

2. SEJARAH

Myanmar dijajah oleh Inggris pada tahun 1824 dan tetap di bawah kekuasaan mereka sampai Perang Dunia Kedua, ketika Jepang menginvasi dan menjadi medan pertempuran utama. Burma mencapai kemerdekaan pada tahun 1948.

3. POLITIK

Pada tahun 1962 setelah kudeta yang berhasil, Jenderal Win mengambil kendali atas Burma dan tetap di bawah junta militer hingga 2011. Ada gerakan menuju demokrasi baru dengan pendaftaran Liga Nasional untuk Demokrasi sebagai partai politik yang diakui dan partai politik mereka. sukses dalam pemilihan sela tahun 2012. Pemilihan bebas pertama diadakan pada tahun 2015 melihat NLD meraih kekuasaan.

4. AGAMA

Sebagian besar negara mempraktikkan agama Buddha dan dianggap sebagai agama nasional, dengan populasi biara 500.000. Sebagian kecil dari non-Buddha termasuk Kristen, Muslim dan Hindu, yang menghadapi diskriminasi dan hambatan agama. Sebuah studi global baru-baru ini oleh Yayasan Bantuan Amal memberi peringkat Burma Nomor 1 pada Indeks Pemberian Dunia, mungkin tidak mengejutkan, mengingat bahwa praktik berdana atau dana merupakan bagian integral dari ketaatan beragama di antara umat Buddha Theravada, dengan itu menjadi salah satu jalan utama untuk menghasilkan uang. pahala yang baik.

5. BUDAYA

Meskipun berbagai budaya asli ada di Burma – Kachin dan Chin, beberapa suku Hill, orang Inle Danau Intha – mayoritas budaya adalah Buddha dan Bamar. Di desa adat, vihara merupakan pusat kehidupan budaya. Namun, elemen budaya barat berasimilasi di bawah pemerintahan kolonial Inggris dengan sistem pendidikan yang dimodelkan sepanjang garis yang sama dan arsitektur kolonial masih terlihat di kota-kota besar.

6. FESTIVAL

Thingyan, Festival Air Tahun Baru Burma, adalah yang paling populer dan meriah dari perayaan penuh warna di Burma. Dihitung dengan kalender lunar, biasanya jatuh sekitar bulan April dan berlangsung selama lima hari. Pada hari pertama, orang-orang di seluruh negeri berkumpul bersama, mengunjungi pagoda, memberikan persembahan dan memberi penghormatan kepada para biksu, memainkan permainan tradisional, dan merayakan dengan semangat! Di hari kedua, pelemparan air yang menandai festival dimulai dengan sungguh-sungguh. Orang yang bersuka ria menggunakan wadah dalam segala bentuk dan ukuran untuk saling menyiram untuk melambangkan pembersihan dosa tahun ini.

7. ALAM

Burma menawarkan berbagai jenis ikan dan mamalia, tetapi mungkin paling terkenal dengan gajah, manate, kerbau liar, harimau, dan macan tutulnya. Lebih dari 800 spesies burung menjadikannya surga bagi ahli burung.

8. LANDSCAPE

Bentang alam Burma kaya dan beragam. Ini adalah negara pegunungan: Himalaya, Pegunungan Hengduan, Rakhine Yoma, Bago Yoma, Perbukitan Shan dan Perbukitan Tenasserim. Di antara pegunungan berhutan lebat, sungai-sungai yang berkelok-kelok di negara ini – Irrawaddy, Salween, dan Sittaung – mengalir melalui lembah yang subur. Burma juga memiliki pantai yang indah, dengan 1.930 km garis pantai yang berdekatan di sepanjang Teluk Benggala dan Laut Andaman.

9. STRUKTUR IKONIK

Menara Pagoda Shwedagon yang luar biasa di atas cakrawala Yangon setinggi 110 meter. Dibangun 2.500 tahun yang lalu untuk mengabadikan rambut Buddha dan relik suci lainnya, kompleks tersebut sekarang terdiri dari ratusan kuil, stupa, dan patung. Pagoda utama ditutupi dengan ratusan daun emas dan puncak stupa bertatahkan 4.531 berlian; yang terbesar adalah berlian 72 karat!

10. KELOMPOK ETNIS

Burma adalah rumah bagi sekitar 135 kelompok etnis, termasuk banyak suku pegunungan yang masing-masing memiliki budaya mereka sendiri. Pemerintah Burma mengelompokkan mereka ke dalam ‘delapan ras etnis nasional utama’ – Kachin, Kayah, Kayin, Chin, Mon, Bamar, Rakhine, Shan. Mungkin yang paling bisa dikenali, orang Intha tinggal di dalam dan di sekitar Danau Inle dan telah mengadaptasi teknik dayung berkaki satu mereka yang terkenal untuk mendayung sambil berdiri untuk melihat di atas alang-alang air.

Apakah anda tertarik mengenal negara Myanmar? Ayo, dapatkan informasi menarik lainnya dari indonesiar.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here