Home Budaya Amerika Serikat Apa Rasanya Makan KFC di Singapura VS Indonesia?

Apa Rasanya Makan KFC di Singapura VS Indonesia?

102
0

Pengalaman pribadi saya yang pernah mencoba ayam goreng tepung KFC di Indonesia, Singapura, dan yang terakhir Malaysia, tiga negara saling bertetanggaan ini saja rasanya sudah saling berbeda satu sama lain. Bukan hanya soal bumbu, tapi juga soal bentuk dan tekstur ayam goreng tepungnya serta beberapa hidangan sampingan yang juga berbeda jauh.

Di Singapura, ayam goreng tepung KFC menurut saya hambar dan kurang sekuat rasanya macam di Indonesia. Kemudian di Malaysia, saya pikir ayamnya juga terlalu besar ukurannya dan rasanya tetap tidak sekuat di Indonesia. Tentunya mungkin ini soal bagaimana membiasakan lidah orang asli negara tersebut yang tentunya tidak selalu sama dengan orang asli negara lain.

fortuner.id
fortuner.id

Saya pikir setiap negara tentunya akan berbeda rasanya, walaupun kemiripan dan kedekatan rasa bumbu – bumbu yang dipakai tetap ada, tapi tidak akan 100% sama seperti ayam goreng tepung KFC yang ada di AS langsung. Malah teman saya yang sempat tinggal di Pennsylvania berkata bahwa ayam goreng tepung KFC asal Indonesia jauh lebih enak dibandingkan versi langsung di AS.

Percayalah bahwa 11 bumbu rahasia yang sering digaungkan oleh KFC saat ini hanyalah sekedar gimmick saja agar mereka tampak memiliki warisan tradisi yang tak terpisahkan dari sang Kolonel Harland Sanders, tapi saya percaya sejak Kolonel Sanders memutuskan untuk melepas semua saham kepemilikannya di tahun 1964 kepada Yum! Group, resep asli tersebut sudah jelas tetap disimpan oleh sang Kolonel.

Saya percaya bahwa sesempurna apapun orang lain mencoba, hanya Kolonel Sanders yang mampu menyajikan hidangan ayam goreng tepung khas yang diproses oleh kedua tangannya sendiri. Sejarah singkat, Kolonel Sanders terpaksa menjual seluruh saham kepemilikannya karena dirinya merasa terlalu tua dan dibebani oleh skema bisnis yang terlalu rumit.

Dirinya sempat membuka restoran cepat saji baru menggunakan namanya sendiri, tapi kemudian dituntut oleh KFC karena melanggar hak cipta brand yang kemudian membuatnya terpaksa menutup restoran cepat saji baru miliknya. Hanya Tuhan dan Kolonel Sanders sendiri yang tau rasa original ayam goreng tepung KFC.

Source: Brian Stevanius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here