Home Partner Pendidikan Apa Rahasia Sukses Pendidikan di Negara Maju?

Apa Rahasia Sukses Pendidikan di Negara Maju?

315
0

1. Kelas

Jika di Indonesia, kelas biasanya tetap. Dalam artian, semua mata pelajaran akan dijelaskan di kelas itu saja dan temanmu juga itu-itu saja.

Sedangkan di negara seperti Amerika Serikat, mereka menerapkan moving class. Dimana untuk setiap mata pelajaran memiliki kelasnya sendiri. Dan ini tidak seperti di Indonesia saat guru harus datang ke kelas untuk menjelaskan, di Amerika, siswa yang harus datang ke kelasnya guru.

2. Mata pelajaran

Karena kelas dibagi berdasarkan mata pelajaran, maka di Amerika Serikat, siswa yang baru masuk tahun ajaran baru harus memilih 6 atau 7 mata pelajaran untuk dipelajari selama setahun kedepan. Tidak seperti di Indonesia, ketika siswa harus wajib mempelajari mata pelajaran yang sudah diberikan yang jumlahnya bisa sampai 13 atau 16.

Mata pelajaran disini juga lebih dispesifik, seperti misalnya Matematika dibagi menjadi beberapa kelas seperti kelas Aljabar 1, Aljabar 2 atau Substitusi. Jadi kamu tidak akan mempelajari semua cabang matematika. Tapi hanya akan mempelajari materi yang kamu pilih selama satu tahun itu.

Karena setiap siswa pilihan kelasnya beda-beda, maka setiap kelas/mapel, temanmu juga beda-beda.

3. Etika dan kedisplinan

Siswa di Jepang baru bisa mengikuti ujian mata pelajaran jika sudah kelas 4 SD atau berumur 10 tahun. Selama 3 tahun mereka tidak dinilai seberapa pintar ilmu pengetahuan, tapi mereka di fokuskan untuk belajar tata krama.

Guru-guru tidak mendoktrin pentingnya berlaku jujur, melainkan lebih berdiskusi tentang akibat-akibatnya. Dalam mempelajari nilai-nilai moral ini, tidak ada hafalan dan tes tulis.

4. Transportasi

Siswa di Jepang mulai dari sekolah dasar hingga tingkat atas dilarang keras menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat kesekolah.

Siswa di Jepang biasa berangkat menggunakan transportasi umum seperti kereta, bis ataupun sepeda. Bahkan siswa di Jepang juga banyak memilih untuk berjalan kaki menuju sekolah.

Sedangkan di Indonesia saat ini hampir banyak siswa kesekolah membawa kendaraan roda dua kesekolah. Bahkan banyak siswa membawa kendaraan roda empat kesekolah

5. Pendidikan dasar

Di Amerika Serikat, Sekolah Dasar ditempuh selama 5 tahun dan Sekolah menengah ditempuh selama 3 tahun. Sedangkan Sekolah Tinggi ditempuh selama 4 tahun.

Di Finlandia, Sekolah Dasar dan Sekolah menengah digabung menjadi satu struktur pendidikan tunggal selama 9 tahun. Dimana setiap tahun hanya ada 190 hari sekolah.

Sekolah diberi banyak ruang untuk merevisi dan mengubah kurikulum sesuai kebutuhan siswa mereka yang unik. Jika di Indonesia lulus SMA hanya mendapat Ijazah, maka di Amerika Serikat lulus SMA mendapat gelar Diploma.