Budaya Cina, Jepang, Korea, dan Vietnam serta di daerah dengan pengaruh budaya Tionghoa atau imigrasi yang signifikan secara historis.

Perbedaannya tidak terlalu khusus BAGAIMANA mereka menggunakannya, tetapi seperti apa bentuknya.

Dari atas ke bawah:

Sumpit gaya Taiwan (budaya Cina)

Sumpit porselen Cina

Sumpit gaya tibet

Sumpit meruncing Vietnam

Sumpit dan sendok Korea

Sumpit pria Jepang (pasangan mengatur bagian 1)

Sumpit wanita Jepang (pasangan mengatur bagian 2)

Sumpit anak-anak Jepang

sumpit bambu Jepang sekali pakai

Berikut ini beberapa deskripsi gaya:

Sumpit Cina

Panjangnya biasanya lebih panjang dari Jepang atau Korea, dan juga biasa ditemukan dengan ujung datar tumpul, kadang-kadang ujungnya meruncing, Berakhir bisa bulat. Bahan yang paling umum di kebanyakan rumah tangga adalah bambu.

Sumpit Jepang

Sumpit Jepang sering lebih pendek, dan kadang-kadang ditemukan dengan lekukan di ujung makan untuk menambah cengkeraman ekstra. Mereka sering tajam, runcing dan meruncing relatif terhadap desain Cina bulat dan persegi dan sumpit datar gaya Korea. atau dipernis. Mereka sering kali memiliki estetika desain tertentu untuk mereka dengan beberapa dekorasi.

Sumpit Korea

Mereka berukuran sedang, sering kali rata dan biasanya terbuat dari logam, kadang-kadang kayu, mereka berbentuk persegi panjang dan tidak lancip sebanyak gaya Jepang. Mereka juga sering dipasangkan dengan sendok.

Sumpit Vietnam

Sering kali, orang Vietnam memiliki tongkat panjang yang kadang-kadang lancip ke titik tumpul, di lain waktu mereka sangat mirip dengan sumpit gaya Cina.

Thailand, Kamboja, Filipina, Singapura, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya

Masakan asli dari negara-negara ini secara historis TIDAK MENGGUNAKAN CHOPSTICKS, sering kali lebih suka menggunakan tangan mereka dan seiring berjalannya waktu menggunakan garpu dan sendok. Jika Anda menemukan sumpit di bagian dunia ini, sering kali itu dalam gaya Cina karena pengaruh Cina historis dan modern yang luas karena imigrasi, atau itu akan mengambil gaya tetangga terdekatnya yang dalam kasus Kamboja dan mungkin Laos adalah Vietnam, namun sumpit gaya Vietnam yang pada gilirannya mirip dengan gaya Cina.

Ada juga perbedaan etiket di berbagai negara, berikut adalah beberapa poin utama:

Etiket China

Saat makan nasi dari mangkuk, adalah normal untuk melubangi mangkuk nasi ke mulut Anda dan menggunakan sumpit untuk menyekop makanan langsung ke mulut Anda.

Anda dapat mentransfer makanan dari satu orang ke orang lain jika Anda memiliki hubungan dekat (orang tua, saudara kandung, kakek-nenek, anak-anak, teman yang sangat dekat)

Jangan tombak makananmu.

jangan memiliki teknik yang tidak konvensional.

Jangan meninggalkan sumpit Anda secara vertikal di dalam mangkuk nasi Anda, seperti persembahan dupa untuk orang yang sudah meninggal.

Jangan menggali atau mencari melalui makanan di piring komunal.

Sumpit tidak benar-benar dimaksudkan untuk digunakan terbalik, dapat diterima untuk menggunakan ujung terbalik jika tidak ada peralatan komunal tetapi menggunakan ujung normal untuk mendapatkan makanan tidak dianggap masalah.

Etiket Jepang

Ujung sumpit yang runcing harus diletakkan di atas sumpit saat tidak digunakan.

Sumpit tidak boleh disilangkan di atas meja, melambangkan kematian.

Menggunakan ujung yang terbalik untuk makan komunal untuk memindahkan makanan dari piring komunal dapat diterima.

Saya percaya bahwa memindahkan mangkuk ke wajah Anda dari meja dengan cara Cina dianggap santai atau kasar. Tampaknya tidak dapat diterima seperti dalam praktik Cina.

Etiket Korea

Sendok digunakan untuk nasi dan sebagian besar hidangan sup dan kuah, hidangan lain seperti mie atau banchan dimakan dengan sumpit.

Memindahkan mangkuk ke wajah Anda dengan cara Cina disukai.

Etiket Vietnam

Jangan menempelkan sumpit secara vertikal di dalam nasi, melambangkan persembahan dupa untuk almarhum.

Jangan menaruh sumpit Anda dalam bentuk V ketika selesai makan, itu adalah pertanda buruk.

Sumpit individu tidak boleh diletakkan di mangkuk sup komunal (xup / canh)

Membawa mangkuk Anda ke wajah Anda dengan cara Cina dapat diterima.

Apa perbedaan cara orang Cina, Jepang dan Korea menggunakan sumpit?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here