Pada awalnya istilah generasi Strawberry berasal dari pengamat pendidikan asal Taiwan yang ditujukan bagi mereka yang lahir setelah tahun 1981 yang “mudah memar” seperti buah stroberi. Generasi ini menunjukkan manusia muda yang tidak dapat menahan tekanan sosial atau bekerja keras seperti generasi orang tua mereka; istilah ini merujuk pada orang yang tidak patuh, manja, egois, arogan, dan lamban dalam pekerjaan.

Istilah ini muncul dari persepsi bahwa anggota generasi ini telah dibesarkan secara berlebihan oleh orang tua mereka dan dalam lingkungan kemakmuran ekonomi, dengan cara yang sama dengan bagaimana stroberi ditanam di rumah kaca yang dilindungi dan mendapatkan harga lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Istilah ini mulai menjadi terkenal di pers Asia Timur, karena ini bisa menjadi cara untuk menunjuk meningkatnya demografi atau psikografis dalam hal perilaku konsumen. Generasi Stroberi, seperti Pasca-80an Cina, bisa menjadi mitra Asia Millennial di dunia Barat.

Kata, “milenial” juga sering ditemukan dalam kalimat yang sama dengan frasa seperti “generasi stroberi” dan “terlalu terlindung”. Orang-orang dari generasi yang lebih tua merasa bahwa para pemuda dewasa ini tidak mampu bertahan dari kerja keras atau tekanan sosial, dan bahwa kita tidak sekuat yang seharusnya.

Tetapi kita semua tahu itu buruk untuk menyamaratakan semua orang. Sebenarnya ada banyak pemuda yang melakukan banyak hal dalam berkontribusi kepada masyarakat. Bahkan ada buktinya. Survei Pemuda Nasional tahun 2016 di SIngapura yang diselenggarakan oleh Dewan Pemuda Nasional (NYC) pada pemuda berusia 15 hingga 34 tahun menunjukkan bahwa orang muda Singapura saat ini lebih aktif dalam kelompok sosial mereka dan kegiatan sipil. Banyak yang mengambil inisiatif untuk memulai penyebab, dan bahkan mengajak orang untuk berpartisipasi juga.

8 tanda yang menunjukkan bahwa Anda adalah bagian dari generasi ‘lemah’ stroberi yang lazim di semua bagian dunia saat ini.

  1. Merasa paling memiliki hak walaupun tanpa usaha (Sense of self-entitlement)”
    Bisa jadi karena asuhan Anda (terlalu dimanja oleh orang tua) atau lingkungan pengasuhan Anda yang nyaman, tetapi Anda tumbuh untuk berpikir bahwa seluruh dunia berutang Anda hidup. Anda tidak pernah berhenti untuk berpikir, untuk sekali dalam seluruh hidup Anda, apakah Anda sepadan dengan hal-hal yang Anda minta. Para manajer SDM telah melihat peningkatan jumlah orang muda yang datang ke kantor untuk meminta bayaran yang lebih tinggi dan manfaat yang lebih baik tanpa menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalan.
  2. Tidak mau bertanggung jawab
    Jika ada yang salah, mereka bukan orang yang harus disalahkan; itu karena ini, atau karena itu, tetapi tidak pernah sekali pun merasa dan mengakui kesalahannya.  Anda mengatakan itu karena sesuatu yang Anda lakukan salah. Daripada melihat ke arah Anda sendiri untuk melihat apakah ada perbaikan yang harus dilakukan, Anda suka menyalahkan apa yang seharusnya dilakukan orang lain supaya terlihat hasilnya lebih baik.
  3. Kamu mudah memar
    Sama seperti stroberi, Anda dipelihara di rumah kaca dan tidak pernah terkena unsur-unsur dunia nyata. Ketika Anda keluar ke dunia nyata, Anda akan menyadari bahwa ambang Anda untuk rasa sakit dan kesulitan praktis lebih rendah dibandingkan dengan orang lain bukan dari generasi stroberi.
  4. Anda memiliki harapan yang tidak realistis
    Dengan tidak ada orang di sana untuk memanjakan dan menyediakan untuk Anda, Anda akan menyadari bahwa apa yang dulu bekerja untuk Anda ketika Anda masih muda (berteriak minta perhatian, menangis dan mendapatkan apa yang Anda inginkan tanpa bekerja untuk itu) tidak lagi bekerja untuk Anda lagi . Pekerja generasi stroberi dipandang sebagai durhaka, lamban di tempat kerja, manja, egois dan sombong.

Tetapi itu tidak semuanya buruk, berikut adalah beberapa ciri baik dari generasi stroberi juga.

  1. Anda perlu alasan untuk bekerja
    Karena Anda tidak merasa harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan, Anda akan menemukan bahwa Anda memerlukan alasan atau tujuan untuk pekerjaan Anda. Ini bukan lagi hanya tentang uang, tetapi juga tujuan pekerjaan Anda. Anda percaya pada pekerjaan bernilai tambah, bukan hanya bekerja demi bekerja.
  2. Anda menjadi bosan dengan mudah
    Tugas-tugas duniawi dan rutin sekarang menjadi kutukan bagi kehidupan kerja Anda, Anda tidak dapat mentoleransi kebosanan Anda juga tidak dapat menghargai kesederhanaan tugas sehari-hari, sebaliknya Anda akan ingin diberi tugas menantang yang menguji kemampuan berpikir Anda dan membantu dalam pengembangan pribadi dan profesional Anda.
  3. Anda memiliki pendapat tentang apa saja dan semuanya dan Anda tidak takut untuk mengatakannya
    Generasi stroberi memiliki kecenderungan untuk berbicara dan dikenal memiliki pendapat dan ide tentang segala sesuatu di bawah matahari, tetapi itu tidak perlu hal yang buruk. Pastikan saja bahwa semua yang keluar dari mulut Anda memiliki nilai, setelah semua ‘wacana mendorong inovasi dan ide baru untuk berkembang.’
  4. Anda lebih cerdas dalam hal tren modern
    Karena Anda memiliki lebih banyak waktu di tangan dibandingkan dengan generasi yang lebih tua (yang mungkin baru saja bekerja dan tidak punya waktu untuk hal lain), Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menjelajahi dan menggunakan hal-hal seperti Internet, Facebook, Twitter, Instangram, LinkedIN di kenyamanan Anda sendiri. Anda lebih mengerti teknologi daripada generasi yang lebih tua, dan dengan fokus baru perusahaan dan organisasi yang bergerak ke arah media sosial dan penggunaan teknologi generasi baru, pengetahuan, keahlian, dan inovasi Anda dapat membantu perusahaan tempat Anda bekerja untuk mendapatkan keunggulan dalam dunia persaingan saat ini.
  5. Anda lebih suka berbagi pada teman maupun lingkaran sosial
    Karena Anda tidak merasa hidup tidak selalu perlu memiliki banyak hal. Anda lebih suka menggunakan aplikasi berbagi, seperti sosial media dan travelling. Anda lebih mengutamakan kemudahan dan pengalaman. Pengakuan sosial hanya bisa diperoleh kalau sudah mengujungi tempat wisata impian.

Apakah kamu yang termasuk generasi Strawberry? mungkin yang positifnya perlu dipertahankan dan yang negatifnya butuh dikurangi kali yah?. Tetapi jang lupa lah untuk berbahagia dan menyiapkan masadepanmu dengan menambah isi otak dengan kemampuan berbahasa Inggris, Jepang dan JErman hanya di: www.fortuner.id


SUmber:

Goodyfeed, mothership.sg, wikipedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here