Jaringan 4G LTE akan segera digantikan oleh 5G yang lebih cepat dan kuat. Ketua 3rd Generation Partnership Project TSG Service and System Aspects (3GPP TSG SA) Erik Guttman menjelaskan bahwa 5G telah menyelesaikan standar jaringan, untuk selanjutnya siap diluncurkan.

“Spesifikasi Sistem 5G kini telah mencapai tahap penyelesaian resmi, berkat upaya ratusan insinyur selama tiga tahun terakhir,” kata Guttman, seperti dilansir laman Cult of Mac, 17 Juni 2018.

3GPP telah menyetujui standar jaringan 5G minggu ini, dan membuka jalan untuk pengalaman browsing dan unduhan lebih cepat. 5G New Radio (NR) diperkirakan akan sampai sepuluh kali, bahkan dua puluh kali lebih cepat dari jaringan 4G LTE dengan kecepatan beberapa gigabit per detik.

Kemungkinan, menurut Guttman, dengan 5G kecepatan dunia nyata akan lima kali lebih cepat jika dalam kondisi baik. Guttman menjelaskan bahwa 5G menjanjikan perluasan telekomunikasi, sebagai komponen yang semakin sentral dari ekonomi, masyarakat, serta aktivitas individu.

Semua operator nasional di Amerika bersiap untuk menawarkan jaringan 5G. Salah satunya, AT & T, berjanji untuk mulai menawarkan 5G di beberapa kota sebelum akhir tahun. Sedangkan Verizon akan memulai layanan 5G sebelum akhir 2018.

Sementara Sprint kemungkinan memulai layanan 5G pada tahun 2019, dan T-Mobile akan mengikuti pada tahun 2020. Kedua perusahaan tersebut bergabung untuk mempengaruhi rencana 5G yang belum diketahui.

Menurut laman FierceWirelessTech, sebelumnya 3GPP mempublikasikan spesifikasi yang akan dibangun oleh vendor. Spesifikasi itu dilaporkan mencakup dukungan spektrum rendah, menengah dan tinggi, dari di bawah 1 GHz, seperti 600 dan 700 MHz, sampai sekitar 50 GHz, dan termasuk pita 3,5 GHz.

source:

CULT OF MAC | FIERCEWIRELESS


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here